oleh

1.197 Kartu ‘KUSUKA’ Terbit di Sinjai, Manfaatnya Ternyata Luar Biasa

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Masih ingatkah anda Kartu Nelayan? kini namanya sudah berganti menjadi Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kartu KUSUKA).

Kartu ini merupakan Program perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan sebagai wujud pelayanan dan peningkatan kesejahteraan.

Ini juga bagian dari Satu Data KKP seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 39 Tahun 2017 tentang Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan.

Di Kabupaten Sinjai, kartu KUSUKA telah terbit sebanyak 1.197 buah. Kartu itu, juga telah disalurkan ke sejumlah nelayan yang ada di Bumi Panrita Kitta.

BACA JUGA: Karena ini, Pemkab Sinjai Tegas Tutup Ruang Investasi Toko Ritel Modern

“Yang mendapat kartu kusuka ruang lingkupnya itu adalah, nelayan, pumbudidaya ikan, pengola ikan, pemasar ikan perikanan dan penyedia jasa produksi ikan,” ungkap Sekretaris Dinas Perikanan Sinjai, Muh Syamsir Tabiala saat ditemui disela-sela penyaluran kartu KUSUKA di Aula Perikanan, Kelurahan Lappa, Senin (21/9/2020)

Manfaatnya sendiri bagi pemilik kartu KUSUKA, kata dia cukup banyak seperti, memudahkan pelaku usaha kelautan dan perikanan dalam mengakses transaksi online.

“Yang paling bagus dari kartu KUSUKA ini adalah memudahkan akses pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) serta memudahkan dalam pengajuan asuransi nelayan”, tandasnya.

BACA JUGA: Kios Bekas Kebakaran di Kompleks Pasar Sentral Sinjai Mulai Dikerjakan

Bagi pelaku perikanan yang hendak mendapatkan kartu kusuka tersebut, tambah Syamsir tak perlu bimbang, sebab ada penyuluh yang akan melakukan pendampingan.

“Semoga dengan adanya kartu kusuka ini dapat bermanfaat bagi pelaku usaha di bidang perikanan karena beragam manfaat yang ada di dalamnya,” kata Syamsir. (Ads)

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU