oleh

13 Desa di Sinjai Laksanakan Pilkades Serentak Tahun 2023

KABARSINJAI.COM Sebanyak 13 Desa yang ada di Kabupaen Sinjai bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang kedua pada bulan Maret 2023 mendatang.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Sinjai telah membentuk panitia pelaksana Pilkades baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tingkat Kabupaten Sinjai Andi Jefrianto Asapa mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkades gelombang pertama yang telah dilaksanakan pada bulan Maret 2022 lalu hendaknya dijadikan sebagai pengalaman agar pelaksanakan pilkades kedepan lebih berkualitas dan lebih baik.

“Pelaksanaan Pilkades di 54 desa yang sudah kita laksanakan secara umum berjalan aman dan lancar, namun ada hal yang perlu kita pahami bersama khususnya terkait regulasi atau pedoman tata cara pilkades sehingga kedepan aturan yang ada betul-betul bisa dipahami oleh seluruh masyarakat untuk menghindari adanya gugatan,” ucapnya.

BACA JUGA:
Pemkab Sinjai Buka Lelang Jabatan Sekda, Termasuk 5 Kepala Dinas

Warga Sinjai Tak Perlu Khawatir Berobat ke Makassar, Bupati ASA Siapkan Rumah Singgah

Selain itu, pengalaman pilkades tahun lalu ada beberapa hal yang menjadi catatan. Yaitu perlu adanya penguatan peran pemerintah dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyukseskan Pilkades tahun 2023.

Menurut Jefrianto, jika pilkades sebelumnya para OPD hanya dilibatkan untuk memberikan pengawasan pada saat hari pemungutan suara, maka di Pilkades tahun depan para OPD akan dilibatkan mulai saat tahapan pilkades.

“Untuk pilkades tahun depan para kepala OPD ini kita libatkan sejak mulai tahapan sehingga nantinya OPD bisa membantu pihak panitia pilkades jika ada kendala-kendala yang dihadapi di lapangan,” tutur Jefrianto saat rapat koordinasi dan lauching pelaksanaan Pilkades serentak 2023, di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Selasa kemarin (15/11/2022).

Untuk itu, Penjabat Sekda ini mengharapkan kepada para Kepala OPD agar bisa memahami regulasi dan tata cara pelaksanaan pilkades yang akan mejadi pedoman dalam pelaksananan pilkades serentak.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Sinjai Andi Sabir mengungkapkan bahwa sosialisasi aturan pilkades ini perlu dimassifkan kepada masyarakat.

BACA JUGA:
Bupati ASA Temui Deputi II Kantor Staf Presiden, Ini yang Dibahas

Serahkan 211 SK Pengangkatan PPPK Guru, Bupati ASA Ingatkan Tugas dan Tanggung Jawab

Tidak hanya itu, perlu adanya kebersamaan dalam pemahaman regulasi yang ada bagi penyelenggara pilkades hingga di tingkat PPS agar kejadian pada pilkades sebelumnya tidak terulang lagi.

“Gugatan atau protes yang terjadi di masyarakat pada pilkades sebelumnya karena pemahaman panitia pilkades yang masih kurang. Ini yang perlu jadi perhatian kita semua sehingga jangan ada lagi yang seperti kemarin (pilkades sebelumnya),” pungkasnya. (And)

Komentar Facebook