22 Kelompok Tani di Sinjai Nikmati Bantuan Pompa Air Tahun Ini

KABARSINJAI – Sebanyak 22 unit bantuan mesin pompa air diterima Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Sinjai, Rabu (15/5/2024).

Bantuan tersebut berasal dari Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia.

Kepala DTPHP Sinjai, H. Kamaruddin, mengatakan bantuan mesin pertanian dari Kementan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya tanaman hortikultura seperti padi.

Makanya, bantuan mesin pompa air ini akan disalurkan ke 22 kelompok tani sesuai dengan jumlah bantuan yang memang pengairannya masih mengandalkan air hujan atau sawah tadah hujan.

“Bantuan mesin pompa ini akan dipakai oleh petani kita untuk menyedot air dari sumber air yang berada disekitarnya, khususnya sawah yang mengandalkan tadah hujan,” katanya.

Kamaruddin berharap pompa air ini memberikan manfaat bagi petani yang menerima bantuan sehingga hasil produksi sawah di Kabupaten Sinjai lebih meningkat. Swasembada pangan yang diprogramkan Kementan dapat terwujud.

“Mudah-mudahan bermanfaat untuk para petani kita yang akan menerima bantuan pompa air tersebut. Karena sawah tadah hujan memang hanya mengandalkan air hujan sehingga ketika musim kemarau sawahnya kembali dapat digarap dengan sistem pompanisasi,” harapnya. (*)

Komentar