oleh

3 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Powerbank

KABARSINJAI.COM, Technology, – Di zaman milenial saat ini, penggunaan smartphone sangat marak dilakukan. Orang-orang bahkan rela berjam-jam melihat smartphonenya untuk melakukan hal-hal yang diinginkan, baik itu chatting, bermain game, melihat akun media sosial, membaca berita online dan lain sebagainya.

Agar tetap dapat menggunakan smartphone, dibutuhkan powerbank yang mampu membuat daya baterai menjadi lebih lama, sehingga orang-orang menjadi lebih leluasa dalam melakukan apapun dengan gadget mereka, tanpa terganggu akan kekurangan baterai atau harus terhubung dengan terminal.

Membeli powerbank belum cukup mampu dalam memecahkan masalah kekurangan baterai. Anda harus mengetahui berbagai kriteria powerbank yang pas untuk smartphone Anda.

Berikut ini akan dibahas 3 hal yang perlu diketahui sebelum membeli powerbank, agar Anda memiliki powerbank yang mampu membuat daya baterai smartphone tetap awet dan tahan lama, di antaranya adalah:

1. Periksa Spesifikasi dari Powerbank

Langkah mutlak yang harus Anda lakukan adalah dengan melihat spesifikasi yang ada dalam powerbank. Spesifikasi ini menjadi penting karena menjadi penentu dalam memilih tipe powerbank apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Secara umum, ada beberapa spesifikasi yang harus dilihat sebelum membeli powerbank. Beberapa di antaranya seperti kapasitas yang ada dalam powerbank, ukuran dan bagaimana kecepatan input dan output di dalamnya.

Pertama kapasitas. Ini menjadi penting karena semakin besar kapasitas, maka semakin besar pula daya penggunaan smartphone yang harus digunakan. Intinya, bila Anda memiliki kesibukan yang dituntut harus menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama, maka pilih powerbank dengan kapasitas 10.000 mAH.

Kedua adalah ukuran. Pemilihan powerbank juga harus dipilih berdasarkan ukuran yang pas atau nyaman saat dibawa kemana saja, hingga terakhir adalah kecepatan input atau output. Standar input atau output dalam powerbank untuk mengisi baterai smartphone adalah 1 Ampere. Semakin besar Ampere yang ada dalam powerbank, semakin cepat pula pengisian daya yang bisa dilakukan.

2. Pilih Powerbank dengan Fitur Pengaman

Powerbank yang baik adalah powerbank yang memiliki fitur pengaman di dalamnya. Ada 3 jenis fitur pengaman yang sangat disarankan, yakni short circuit protection, over charging protection dan fitur pengaman suhu .

Short circuit protection adalah fitur pengaman yang melindungi smartphone dari arus pendek powerbank atau konsleting bila powerbank tidak berfungsi dengan baik. Sedangkan over charging protection adalah sebuah fitur pengaman yang menghentikan proses pengisian daya pada smartphone jika sudah terisi penuh.

Di samping itu, ada lagi fitur pengaman lain seperti pengaman suhu. Tujuannya adalah untuk menghentikan pengisian daya jika sudah sampai dalam suhu tertentu.

Selain ketiga pengaman di atas, Anda bisa mencoba untuk menggunakan powerbank dengan pengaman seperti Overcurrent protection, Overvoltage protection, dan lainnya. Pilihlah powerbank yang sesuai dengan fitur keamanan yang Anda butuhkan.

3. Pastikan Ada Sertifikasi dalam Powerbank

Apakah sertifikasi dalam powerbank dibutuhkan? Jawabannya sangat diperlukan. Ini karena sertifikasi pada powerbank setidaknya sudah diakui internasional dan akan menjamin bahwa powerbank tersebut tidak akan merusak smartphone yang Anda miliki.

Ada beberapa sertifikasi yang ada di dalam powerbank, beberapa di antaranya seperti sertifikasi CE yang berstandar Eropa atau FCC yang berstandar Amerika Serikat.

Anda juga bisa memilih sertifikasi lain seperti sertifikasi UL, dimana sertifikasi ini lebih cenderung kepada peralatan elektronik. Tidak usah khawatir dalam memilih sertifikasi ini, karena sertifikasi UL dapat menjamin powerbank tidak membahayakan Anda saat terjadi kerusakan.

Kesimpulan

Satu hal penting sebelum membeli powerbank adalah apakah powerbank kompatibel dengan smartphone Anda atau tidak. Menjadi sia-sia bila Anda membeli produk dengan kualitas bagus, namun tidak kompatibel dengan smartphone yang dimiliki.

Sebelum membeli powerbank, hal yang juga harus diperhatikan adalah dengan memilih powerbank yang original. Di samping itu pilihlah produk powerbank dengan arus yang sama dengan smartphone, memiliki fitur LED atau layar indikator, dan tentunya pilih powerbank yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Itulah ketiga cara yang perlu diketahui saat membeli powerbank lakukan hal di atas, supaya Anda mendapatkan powerbank dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. (Red/**)

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU