oleh

39 Tahun Mendidik Siswa! Ini Suka Duka Rusni, Guru SDN 3 Balangnipa

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November memberikan nuansa tersendiri bagi insan pendidik di tanah air, tak terkecuali di Kabupaten Sinjai.

Ialah Rusni, salah seorang guru di SD Negeri 3 Balangnipa, menceritakan bagaimana perjalanan dirinya yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk kemajuan dunia pendidikan selama 39 tahun.

Bukan waktu yang singkat, kan?

Di momentum Hari Guru ini, ia menceritakan kepada media, suka dukanya dalam mencerdaskan anak bangsa.

BACA JUGA: Perssin Sinjai Awali Liga 3 dengan Skor Imbang Lawan MRC Bulukumba

“Selama 39 tahun saya mengabdi menjadi guru, tentu suka dukanya sangat banyak dan tak terhitung,” ujarnya saat ditemui setelah melangsungkan proses pembelajaran di kelas. Kamis, (25/11/2021)

“Itu siswa kalau diajar beragam karakternya. Disinilah terkadang kita mendapat suka dukanya. Kalau sukanya, yang paling berkesan ketika saya menjelaskan materi dan ada siswa lebih memahami materi yang saya ajarkan,” bebernya.

Belum lagi lanjut Rusni, kalau ia bertemu dengan orang yang pernah diajarinya semasa berada di bangku sekolah.

“Saya sangat senang kalau bertemu dengan alumni, apalagi kalau mereka menyapa saya yang terkadang sudah lupa dan tidak lagi mengenalinya,” jelasnya.

BACA JUGA: Sehari, Kabupaten Sinjai Boyong 8 Penghargaan

“Hal yang paling membuat guru sangat bangga itu jika siswanya telah berhasil dan sukses,” tambahnya.

Dibalik itu semua, menjadi seorang guru pun tak luput dari suasana duka yang kerap kali didapatkannya.

“Walaupun kita merasakan duka atau tidak senang dalam menghadapi tingkah siswa, seorang guru tidak boleh bosan dan jangan menyerah. Kita harus berpikir untuk bagaimana bekerja lebih giat lagi untuk mendidik mereka,” kata Rusni.

Dari kisah yang telah dialami Rusni selama menjadi guru, dirinya mengajak seluruh insan pendidik untuk memanfaatkan momentum peringatan Hari Guru Nasional dalam mempersembahkan pengabdian terbaik dalam mendidik generasi penerus bangsa. (Tim)

Catatan redaksi: Guru adalah pahlawan bangsa. Kemajuan suatu bangsa dan negara, tergantung pada guru! Selamat Hari Guru Nasional!

Komentar Facebook

BERITA TERBARU