oleh

5 Pembicara Warnai Dialog Kebangsaan KPN Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Dialog Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kebangkitan Pemuda Nusantara (KPN) Sinjai berlangsung lancar dan meriah. Senin malam, (16/08/2021)

Dimoderatori oleh Kahar Khalik, ada 5 narasumber menghiasi jalannya diskusi ini, yakni Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sinjai Akbar Juhamran, Ketua KNPI Sinjai Syahrul Paesa.

Kemudian Ketua Pemuda Muhammadiyah Muhlis, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Sinjai Haris, serta Kabid Keilmuan, Penelitian dan Kajian Strategis DPP KPN Asfar Nurdin.

Kegiatan yang berlangsung di Victory Cafe, Jalan R.A Kartini Kecamatan Sinjai Utara ini mengusung tema “Refleksi Kemerdekaan, Pancasila dan Peran Pemuda dalam Menanggapi Perang Kebudayaan di Era Masyarakat Digital”.

BACA JUGA: DLHK Sinjai Cari Duta Lingkungan Hidup 2021

Ditemui di lokasi kegiatan, Sekretaris panitia pelaksana dialog, Muh. Afdalul menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sebagai bentuk penguatan identitas kebangsaan.

“Kita laksanakan dialog ini untuk menumbuhkan kesadaran generasi pemuda terhadap pentingnya menguatkan identitas kebangsaan dan ideologi Pancasila agar kita tidak mudah dijajah secara kebudayaan oleh bangsa asing,” ujarnya kepada Kabar Sinjai.

Saat dialog berlangsung, selaku pembicara pertama, Akbar Juhamran yang merupakan Kepala Badan Kesbangpol Sinjai menjelaskan peran pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, perang kebudayaan di era digital serta upaya dalam mempertahankan keutuhan bangsa.

BACA JUGA: Telan Dana 15 Miliar, Sentra Peternakan di Sinjai Selatan Bakal Serap Tenaga Kerja

“Dalam penanganan pandemi Covid-19, pemerintah daerah membutuhkan kerjasama seluruh elemen masyarakat untuk mengambil peran, dan momentum peringatan HUT RI Ke-76 tahun ini kita jadikan sebagai spirit menggalakkan semangat nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Ketua KNPI Sinjai, Syahrul Paesa dalam dialog ini mengajak seluruh kalangan pemuda agar mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam menjaga keutuhan bangsa.

Hal yang sama juga dipaparkan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sinjai, Muhlis. Namun dirinya lebih membahas lebih spesifik dalam hal peran Pemuda Muhammadiyah.

BACA JUGA: Tinjau Proyek RS Pratama di Sinjai Selatan, Bupati ASA: Dioperasikan Tahun Depan

Sementara itu, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Sinjai, Haris lebih condong membahas peran Ansor dalam mempertahankan ideologi Pancasila dari serangan budaya luar.

Pembicara kelima yang diberikan kepada Asfar Nurdin selaku perwakilan DPP KPN memaparkan materinya terkait peran KPN dalam menghadapi pergulatan pemikiran ideologi transnasional di era digital.

Saat berita ini diturunkan, dialog kebangsaan masih berlangsung dan terpantau, peserta yang hadir tampak antusias dilihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada setiap pembicara. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU