500 Anggota BPD Terpilih Mengucapkan Sumpah/Janji di Pendopo Rujab Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai – Setelah terpilih dan ditetapkan di Desa masing-masing, sebanyak 500 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 66 Desa se-Kabupaten Sinjai, resmi menyandang jabatan tersebut.

Hal itu dikuatkan dengan pengambilan sumpah dan janji jabatan oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista di Pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai, Rabu (18/09/19)

Dalam sambutannya, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista, menuturkan, bahwa pengisian anggota BPD harus dimaknai sebagai proses awal dalam rangka mewujudkan cita-cita pembangunan desa yaitu terwujudnya masyarakat desa maju dan mandiri.

Olehnya itu, Andi Seto mengingatkan bahwa terpilihnya sebagai anggota BPD merupakan tonggak awal dalam melanjutkan upaya-upaya mensejahterakan masyarakat desa.

Peran Anggota BPD menurut Bupati, salah satu pilar peyelenggara ekonomi desa, sehingga fungsi politik anggota BPD sebagai kanal aspirasi dan pengawasan terhadap peraturan desa sangatlah penting dalam kemajuan desa itu sendiri.

Lihat juga: Mengamuk Lagi, Si Jago Merah Hanguskan 3 Rumah di Tellulimpoe, Ada yang Rata Tanah

“Saya berharap kepada yang diambil sumpahnya agar segera menyesuaikan diri dan bekerja agar paham betul dengan situasi, kondisi, potensi, problematika serta aspirasi yang ada di masyarakat selalu mengedepankan budaya jujur, ihlas gotong rorong, kebersamaan terbuka dalam melayani masyarakat”, pungkasnya.

Sebagai pilar dan jembatan kordinasi, BPD harus mampu bersinergi dengan pemerintah Desa dalam mengelola dana desa agar mampu meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat yang bermuara pada meningkatnya pendapat asli desa.

Pengambilan sumpah dan janji anggota BPD Se-Kabupaten Sinjai, ini turut disaksikan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Kabag, Camat, dan para Kepala Desa. (Adi)

Editor/Bahar