oleh

Ada Fitur Baru WhatsApp Sedang Disiapkan, Apa itu?

KABARSINJAI.COM, – Aplikasi pesan instan WhatsApp segera memberikan fitur baru berupa cadangan yang dilindungi enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encrypted backup) yang saat ini masih uji coba dalam versi beta.

Laman WABetaInfo menemukan aplikasi WhatsApp yang ada di Google Play Beta Program, versi 2.21.10.2 memiliki fitur cadangan yang dilindungi enkripsi tersebut.

Fitur ini diklaim sangat aman karena cadangan data tersebut dilindungi dengan kata sandi pribadi agar tidak bisa diakses sembarangan saat berada di Google Drive.

Saat memulihkan WhatsApp di perangkat lainnya, pengguna akan diminta untuk mengetikkan kode sandi terdaftar untuk mendekripsinya dan tidak ada yang dapat melihat kontennya karena enkripsi ujung ke ujung melindunginya dari akses yang tidak sah.

BACA JUGA: Longsor di Sinjai Tengah Rubuhkan Rumah Warga, ini Penjelasan BPBD

Ketika fitur untuk mengenkripsi cadangan obrolan diaktifkan, WhatsApp juga akan memberikan opsi untuk Ubah Kata Sandi atau Nonaktifkan Enkripsi.

Sumber yang dikutip mengatakan kata sandi itu pribadi dan tidak akan dibagikan dengan WhatsApp atau Facebook sebagai induk perusahaan.

Penting untuk dicatat bahwa WhatsApp tidak akan membantu pengguna memulihkan cadangan terenkripsi jika pengguna kehilangan kata sandi, seperti dikutip dari situs Indian Express, Jumat, 14 Mei 2021.

BACA JUGA: Sadis Betul! Ibu dan Anak Ditusuk Pisau, Pelakunya Ternyata

WhatsApp baru-baru ini memperbaiki tampilan antarmuka sehingga diyakini fitur ini akan tersedia nanti. Pada menu “chat backup”, terdapat pilihan untuk mengaktifkan enkripsi ujung ke ujung untuk cadangan data obrolan di aplikasi tersebut.

Fitur ini baru diperkenalkan di aplikasi versi beta, karena masih dalam tahap pengembangan untuk mencegah bug saat akan dirilis. Sementara itu, belum diketahui apakah fitur tersebut akan diadopsi pembaruan WhatsApp di masa mendatang untuk Android dan iOS. (Viva.co.id)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU