oleh

Ada Pameran Karya Seni Rupa di Gedung Pertemuan Sinjai, Intip Yuk!

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sederetan karya dari hasil buah tangan dari Komunitas Perupa Topekkong tampak dipamerkan di Gedung Pertemuan Sinjai. Senin malam, (25/10/2021)

Beragam jenis lukisan dan karya seni lainnya yang ditampilkan menarik perhatian setiap orang yang hadir pada pameran tersebut sebagai rangkaian pelaksanaan Festival Budaya Maritim Gau Pakkaja’.

Ketua Komunitas Perupa Topekkong, A. Firman mengatakan bahwa kegiatan ini menghadirkan karya-karya perupa dari berbagai media yang dihasilkan dari cipta dan rasa para perupa dari Komunitas Perupa Topekkong.

“Pameran ini berlangsung hingga tanggal 29 Oktober 2021 dengan tema Merajut Rupa di Bumi Panrita Kitta Jilid 2, setelah sebelumnya kami juga pernah lakukan di tahun 2018 lalu di Lapangan Nasional Sinjai,” katanya.

BACA JUGA: Berlangsung 17 Maret 2022, Pilkades di Sinjai Diharapkan Sesuai Prokes

Visualisasi karya seni dalam setiap media yang dihasilkan kata Firman, merupakan hasil perenungan dari para seniman dengan konsep pameran tidak jauh dari alam budaya maritim.

Hadirnya perhelatan Gau Pakkaja’ yang diselenggarakan PKBM Todilaling ini membuat Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, A. Jefrianto Asapa berharap agar nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat dilestarikan.

Sehingga gairah dalam melestarikan kebudayaan di Sinjai dapat terus digaungkan.

“Ini menjadi wadah untuk menjalankan agenda strategis kebudayaan yang mana masyarakat sebagai unsur utama dalam memajukan ekosistem kebudayaan. Kita harap nilai-nilai dalam ‘Gau Pakkaja’ini harus tetap dilestarikan,” jelasnya.

BACA JUGA: Bupati ASA Terima Deputi Kepala BI Sulsel, ini yang Dibicarakan

Hal senada juga diutarakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai, Yuhadi Samad sangat mengapresiasi dan mendukung adanya festival budaya yang digagas oleh PKBM Todilaling binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai.

“Kami berterima kasih dan sangat bersyukur bahwa event ini bisa dilaksanakan di Kabupaten Sinjai, ini sangat penting dalam rangka mengangkat budaya-budaya yang ada di Sinjai, kita mulai dari ‘Gau Pakkaja’ ini dan semoga ini menjadi pelecut semangat bagi komunitas lainnya dalam berkarya,” ujarnya.

Pameran seni rupa yang menampilkan puluhan hasil karya dari Komunitas Perupa Topekkong ini turut dihadiri oleh Kabag Perekonomian Setdakab Sinjai A. Mandasini Saleh, Ketua DPD KNPI Sinjai Syahrul Paesa, serta para seniman dan budayawan Sinjai. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU