oleh

Adakan Pertemuan, Kader PKK Sinjai Diminta Aktifkan Fungsi Dasa Wisma

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai tahun 2018, kasus stunting masih masuk di 10 besar di Sulsel atau berada di urutan ke 7.

Ini lah salah satu yang mendasari pertemuan Evaluasi kesehatan ibu hamil, melahirkan, menyusui, anak balita dan pra sekolah di wilayah Kabupaten Sinjai dilaksanakan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesehajteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sinjai, dilaksanakan di Aula Gedung Wisma Hawai, Senin (11/11/19)

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai, Ira Ekawati Suryanto Asapa, mengungkapkan pertemuan ini untuk mengetahui sejauh mana capaian sasaran posyandu kader PKK selama beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: HKN Ke-55, Delapan Puskesmas Dapat Motor Operasional, RSUD Sinjai Kebagian Dua Ambulans

Sekaligus untuk meningkatnya capaian kemampuan hidup sehat melalui peningkatan derajat kesehatan yang optimal, sehingga kasus Stunting di Kabupaten Sinjai dapat dicegah dan ditekan.

“Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang telah dilaksanakan TP PKK Sinjai pada Juni Kemarin. Jadi kita akan mendapatkan gambaran sasaran, capaiannya dan hambatannya kalau ternyata sasaran posyandunya tidak tercapai”, pungkasnya.

Mengingat masih berharap pengaktifan Dasa Wisma PKK di Masyarakat segera dilaksanakan, sebab dengan pelibatan fungsi Dasa Wisma sebagai garda terdepan di masyarakat akan dapat memantau gejala Stunting dan sebagainya.

Baca Juga: PATELKI Uji Kemampuan Tenaga ATLM Puskesmas, Ini Harapan Kadinkes Sinjai

“Sebenarnya stunting bisa dicegah, seandainya Ibu hamil misalnya memanfaatkan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), karena mereka bisa mendapat informasi apa yang harus mereka komsumsi, termasuk asupan gizi yang baik di masa mengandung untuk si bayi”, jelasnya.

Pertemuan yang mengangkat tema “Asupan gizi 1000 hari pertama kehidupan (HPK)”, ini menghadirkan narasumber dari poli gizi klinik RSUD Sinjai, dr Nur Rahmat Adi Sawe serta Mardiana Burhanuddin. Tirit hadir Sekretaris PMD Sinjai, Haeruddin. (Adi)

Editor/Bahar

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU