oleh

Akan Gandeng PT Garuda Food, Bupati ASA Upayakan Hasil Panen Petani Kacang Tanah Terserap

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sosok Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang masih muda dan visioner, dalam setiap target yang ingin dicapainya akan melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera.

Melihat potensi Sinjai yang besar di bidang pertanian, tak jarang orang nomor satu di Bumi Panrita Kitta ini melobi perusahaan besar.

Tujuannya, tak lain untuk mengembangkan potensi milik daerah yang dipimpinnya itu agar dilirik oleh para investor.

Salah satu komoditi pertanian yang punya potensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, yakni kacang tanah.

BACA JUGA: Sambil Gendong Anak, Ibu Muda di Sinjai Antusias Ikuti Vaksinasi

Putra mantan Bupati Sinjai dua periode ini santer disebut bakal bekerjasama dengan perusahaan besar PT Garuda Food.

Dimana nantinya, perusahaan tersebut akan menerima hasil panen kacang tanah masyarakat Kabupaten Sinjai.

“Insya Allah, jika petani kita berhasil kelak dengan hasil pertanian kacangnya, dan kemudian siap untuk memenuhi permintaan pasar seperti kebutuhan perusahaan PT.Garuda Food, kami akan mengupayakan agar pihak perusahaan siap mengakomodir hasil tanaman kacang tanahnya,” jelasnya. Senin, (18/10/2021)

Adapun benih bantuan pemerintah komoditas kacang tanah yang disalurkan di Kabupaten Sinjai ini terdiri dari tiga varietas, yaitu kacang tanah varietas kancil, varietas gajah dan varietas kelinci.

BACA JUGA: Pelajar Dominasi Vaksinasi Pemkab Kerjasama Polres dan IMM Sinjai

Terpisah, Kepala Dinas TPHP Sinjai Kamaruddin berharap, bantuan itu dapat menjadi pendorong para petani untuk dapat mengembangkan potensi kacang tanah.

“Pemerintah Kabupaten Sinjai mendapat bantuan benih kacang tanah sebanyak 6 ton. Nantinya, bantuan tersebut akan dibagikan kelompok tani yang tersebar di empat kecamatan yaitu Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, Bulupoddo dan Sinjai Selatan,” bebernya.

Kacang tanah ini lanjutnya, akan diperuntukkan untuk empat kelompok tani di empat kecamatan tersebut dengan luas pertanaman mencapai 50 hektar.

“Untuk kelompok tani di Sinjai Utara, akan mendapatkan benih kacang tanah untuk luas lahan 10 hektar, di Sinjai Selatan 10 hektar, Kecamatan Bulupoddo 10 hektar dan 20 hektar di Kecamatan Sinjai Timur,” terangnya.

BACA JUGA: Lanjutan BRI Liga 1, Kemenangan Juku Eja Diwarnai Adu Jotos Pemain Bali United

“Sebenarnya potensi kacang di Sinjai juga cukup besar, namun alokasi dari pemerintah pusat sangat terbatas. Namun dengan upaya komunikasi yang dilakukan oleh bapak Bupati ke Kementerian, bantuan ini dialokasikan kembali,” sambungnya.

Komoditas kacang tanah ini menjadi penting karena dijadikan salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat. Sehingga dengan adanya bantuan benih kacang tanah ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan memperluas pasarannya agar petani lebih sejahtera. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU