oleh

AMP Harap Polres Sinjai Tetap Melanjutkan Proses Hukum Kades Massaile

KABARSINAJI.COM, Sinjai – Kepala Desa (Kades) Massaile, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Niswa melakukan pengembalian ke kas daerah hasil temuan Inspektorat Kabupaten Sinjai sebesar Rp.63, 7 Juta.

Dugaan penyalahgunaan dana desa tahun anggaran 2017-2018 sebelumnya di laporkan oleh salah satu LSM bersama masyarakat Desa Massaile.

Kendati demikian, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda (AMP) Sinjai mendesak penyedik untuk tetap melajutkan kasus tersebut.

Karena dalam Pasal 4 Undang-undang Tipikor. Pasal 2 dan 3 dimaksud, maka pengembalian kerugian negara tidak menghapuskan pidana terhadap pelaku tindak pidana tersebut.

Fauzi, salah satu kordinator AMP Sinjai mengatakan kasus ini harus tetap dilanjutkan sampai pelaku di jatuhi hukuman.

Lihat juga: Video Amatir: Si Jago Merah Hanguskan Rumah Panggung di Botto Desa Mattunreng Tellue

“Bukan berarti bahwa setelah pengembalian, kasus tersebut sudah berhenti atau dianggap bukan pidana, namun tetap harus diproses”, Ujarnya.

Ia berharap, Tipikor Polres Sinjai tetap melaksanakan proses hukum, karena telah terbukti bersalah dalam penggunaan anggaran dana desa dari hasil temuan inspektorat.

“Proses hukum harus tetap jalan, karena jika hanya seperti ini maka tidak menutup kemungkinan akan banyak orang yang melakukan korupsi dan hukumnannya hanya pengembalian”, Tegasnya.

Dalam kasus tersebut, memang ditemukan adanya beberapa kekurangan, dari sekian pekerjaan yang telah dilakukan pihak penyelenggara kegiatan. Sehingga dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan inpektorat ditemukan adanya kerugian uang negara puluhan juta.

Sementara itu, Kades Massaile, Niswa menyatakan soal temuan penyalahgunaan angaran dana desa, pihaknya serahkan kepada Inspektorat dan penyidik Polres Sinjai.

“Jadi bagaimanapun hasil akhirnya kami terima”, Tutup Niswa dilansir dari Garudacitizen.com. (Rola) 

Editor / Bahar

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU