Anggota PPK Resmi dilantik, Ini Harapan Ketua KPU Sinjai

Kabarsinjai.com –¬†Sebanyak 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai tahun 2018, resmi dilantik dan diambil sumpahnya, Senin (30/20) malam yang bertempat dihalaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sinjai.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Ketua KPU Sinjai, Muh. Arsal Arifin yang diawali dengan pengucapan fakta integritas serta penandatanganan berita acara fakta integritas yang dilakukan perwakilan PPK.

Dalam sambutannya Ketua KPU Sinjai, Muh. Arsal Arifin menyampaikan bahwa pelantikan PPK ini dimaksudkan untuk melaksanakan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan demokratis, berintegritas, berkualitas, prioritas serta akuntibilitas yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Dalam pelaksanaan Pilkada serentak nantinya akan tetap diawasi oleh Panwaslu, olehnya itu saya berharap kepada para anggota PKK dapat melaksanakan tugas dengan baik, dan mengedepankan sumpah teman-teman dan tidak berhubungan dengan salah satu kandidat (kongkalikong) sehingga PPK sesuai dengan kita harapkan yakni PKK yang mempunyai integritas yang tinggi,” tegasnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda), mewakili Bupati Sinjai menyampaikan perwujudan pemilihan kepala daerah (pilkada) adalah salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi yang pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin, dan salah satu tolak ukur dalam keberhasilan pelaksanaan pilkada yakni tingkat partisipasi pemilih yang erat kaitannya dengan peran PKK dilapangan.

“Manfaat pilkada dan pemilu sangatlah penting sehingga dalam pelaksanaan pemilu, seluruh tahapan ini harus dilaksanakan dengan baik, dan tentunya kita harapkan pilkada Sinjai nanti aman dan damai, selamat bekerja kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pilkada Sinjai mendatang,” terangnya.

Pada pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah PPK ini keterwakilan perempuan sudah terpenuhi dengan kuota 20 persen yakni 35 laki-laki dan 10 orang perempuan sesuai undang-undang PKPU.

Turut hadir, anggota Forkopimda, Ketua Panwaslu Sinjai, Para Camat, serta dihadiri oleh para Komisioner KPU Sinjai. (*)

Editor   : A. Mirza.