oleh

Antisipasi Konflik Sosial Dalam Pilkada, Kesbangpol Sinjai Lakukan Rakor Bersama Tim Terpadu

Kabarsinjai.com – Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya membuka secara resmi rapat koordinasi (rakor) tim terpadu penanganan konflik sosial tingkat Kabupaten Sinjai Tahun 2017 yang diselenggarakan di ruang pola Kantor Bupati Sinjai, Selasa (7/11) pagi.

Dalam sambutannya, Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya mengatakan bahwa  untuk menciptakan suasana yang kondusif dan aman, diperlukan sinergitas antara aparat keamanan dan masyarakat.

“Peranan pemerintah sangat diperlukan dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan ketentraman, maka diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan seluruh lintas sektor dalam menciptakan suasana yang kondusif,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sabirin mengatakan bahwa  terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 mendatang, dirinya berharap tidak terjadi konflik sosial yang dapat menimbulkan gesekan, gejolak, dan perpecahan sehingga tetap tercipta suasana yang kondusif bagi kelangsungan pembangunan di Sinjai.

“Namun demikian kita tetap harus waspada dengan terus meningkatkan dan menjaga stabilitas daerah melalui sinergiats antar instansi dan aparatur pemerintah agar Kabupaten Sinjai senantiasa dalam keadaan kondusif,” jelasnya.

Sementara panitia penyelenggara, Lutfi dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan rakor ini yang bertema “Optimalisasi Penanganan Konflik Sosial Dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018” merupakan realisasi program kerja Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sinjai tahun anggaran 2017.

“Maksud dan tujuan diselenggarakannya rakor ini, adalah untuk menyamakan persepsi dan koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah dalam pencegahan, penghentian dan pemulihan pasca konflik,” beber Lutfi.

Sedangkan out put yang diharapkan untuk dicapai dari pelaksanaan rakor ini adalah adalah tersusunnya dokumen rencana aksi penanganan konflik sosial tingkat kabuaten Sinjai, optimalisasi aksi terpadu melalui komunikasi dan koordinasi yang efektif, serta  kemampuan tim melakukan detksi dini terhadap konflik yang akan terjadi

Dalam rapat ini, bertindak sebagai narasumber masing-masing  Dandim 1424 Sinjai, Letkol Czi Gunawan Susianto, Kapolres Sinjai, AKBP Ardiansyah, Kejari Sinjai, Noer Adi SH.MH, Wakil Ketua II DPRD Sinjai Hj. A. Kartini Ottong, Asisten Pemerintahan, A. Halilintar dan Kepala Kesbangpol Sinjai, A. Jefriyanto Asapa.(*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU