oleh

Antisipasi Pengelolaan Dana Desa, TP4D Kejari-PMD Sinjai Gelar Sosialisasi

Kabarsinjai.com – Guna meningkatkan pencegahan penyalahgunaan dana desa, puluhan kepala desa sekabupaten Sinjai mengikuti Sosialisasi Dana Desa, Pengawal dan Pengaman Pemerintahan Dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai bertempat di Aula Kejari Sinjai. Kamis, (24/08).

Sosialisasi yang berlangsung selama sehari tersebut dihadiri oleh Kepala Kejari Sinjai, Muh. Sumartono, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai , A. Zainal Arifin Nur, perwakilan Inspektorat Sinjai, Ketua TP4D Sinjai, A. Parawansyah serta dihadiri oleh puluhan kepala desa sekabupaten Sinjai.

Kepala Kejari Sinjai, Muh. Sumartono yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa sosialisasi tersebut merupakan, tindaklanjut dari program nasional Jaksa Agung Republik Indonesia.

“Ini serentak dilaksanakan diseluruh kantor kejaksaan di Indonesia sebagai, upaya pencegahan kesalahan pengelolaan dana desa, baik penyaluran, pengawasan dan realisasi dari pemanfaatan Dana Desa tersebut”, ungkapnya.

Foto: Para Kepala Desa yang mengikuti Sosialisasi Dana Desa dan TP4D. Kamis, (24/08).

Lebih lanjut dikatakan jika kegiatan sosialisasi digelar TP4D Kejari Sinjai bertujuan menyampaikan pemahaman tentang keberadaan TP4D, dimana Desa sebenarnya bisa mengajukan permohonan pengawalan dan pengamanan penggunaan Dana Desa ke TP4D, agar dalam pelaksanaan kegiatan dana desa tetap sesuai koridor yang ada.

“Intinya ketika ada kendala-kendala penggunaan dana desa silahkan datang untuk konsultasi. Jangan segan-segan datang”, jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai , A. Zainal Arifin Nur meminta dengan adanya kegiatan sosialisasi TP4D sebagai salah satu sistem pengawalan dana desa, pengelolaannya betul-betul dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Aturan tentang pengelolaan dana desa saya yakin, para kepala desa sudah pahami dengan baik karena sudah sering mengikuti pelatihan pengelolaan dana desa”, kuncinya.

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU