oleh

Antisipasi Penyakit, Petugas DPKH Sinjai Lakukan Pengambilan Sampel Darah Hewan Kurban

KABARSINJAI.COM – Petugas dari Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai mendatangi sejumlah kandang sapi potong di wilayah Kecamatan Sinjai Selatan.

Tujuan mendatangi kandang sapi potong di wilayah tersebut untuk mengambil sampel darah sapi, khususnya yang akan dikirim ke luar daerah sinjai untuk kebutuhan kurban.

Menurut Kaharuddin, pengambilan sampel darah merupakan upaya DPKH setiap menjelang Idul Adha, guna mengantisipasi adanya hewan kurban berpenyakit yang dapat menular ke manusia seperti Antraks dan Brucellosis.

Kemudian hasil pengambilan sampel darah ini selanjutnya akan dibawa ke Laboratorium Pusat Kesehatan Hewan DPKH Sinjai untuk diperiksa dan memastikan bahwa hewan kurban ini layak untuk di konsumsi.

Baca juga ;
Gunakan Balon Gas, Warga Gareccing Kibarkan Merah Putih Tertinggi di Sinjai
Berlangsung Hikmat, Pj. Bupati Sinjai Jadi Irup HUT Kemerdekaan RI ke 73
Kemendikbud Tetapkan “Rumah Adat Karampuang” Sebagai Warisan Budaya Nasional

“Ini sebagai bahan pemeriksaan lab puskeswan di sinjai, khususnya sapi yang mau diantar pulaukan bisa dijamin kesehatannya, dan dipastikan aman dikonsumsi, setelah ini dibawa ke lab, kalau berpenyakit harus diganti dan tidak boleh dibawa keluar daerah”, Jelas Kaharuddin.

Setiap tahun menjelang Idul Adha, ribuan ekor sapi potong asal sinjai dikirim ke luar Kabupaten Sinjai seperti Kalimantan Timur, Soroako, Gorongtalo dan Makassar.

Tingginya permintaan hewan kurban pun memicu harga sapi potong di daerah ini naik rata-rata satu juta rupiah per ekor dari harga biasanya.

tahun 2018 ini, hewan kurban yang dikirm ke luar Kabupaten Sinjai dijual antara Rp.12 Juta hingga Rp.15 Juta per ekor. (chali)

Editor / Irawan

Komentar Facebook

BERITA TERBARU