Antisipasi Pungli, Kadinkes Sinjai Himbau Masyarakat Tidak Melahirkan dirumah

Kabarsinjai.com – Sebanyak 603 tenaga bidan, baik bidan PNS, bidan CPNS, bidan pegawai tidak tetap, serta tenaga bidan sukarela mengikuti sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang digelar oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, bertempat di Gedung Wisma Hawai, Jumat (22/09).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa mengatakan, bahwa tujuan kegiatan sosialisasi Saber Pungli ini untuk memberikan pemahaman lebih tentang dampak jika tindakan tersebut dilakukan, khususnya bagi tenaga kesehatan dikalangan bidan ditengah masyarakat.

“Ini sosialisasi sekaligus tindakan tegas jika ada oknum khususnya tenaga bidan yang melakukan tindakan pungli, sebelum penandatanganan MOU bersama pihak Polres Sinjai,” tegas Suryanto.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa seperti halnya jika ada oknum tenaga bidan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melahirkan di rumah, itu sudah termasuk tindakan pungli.

“Seharusnya masyarakat yang ingin melahirkan, tenaga bidan kita seharusnya mengarahkan pasiennya ke puskesmas,” jelasnya.

Suryanto menambahkan program Saber Pungli ini bekerjasama dengan pihak kepolisian, dan jika ada oknum yang melakukan tindakan yang melanggar hukum tersebut, maka pihak Dinas Kesehatan sepenuhnya memberi wewenang kepada aparat penegak hukum untuk di proses lebih lanjut.

Turut hadir Sekretaris Dinas Kesehatan kabupaten Sinjai, Irwan Suaib beserta jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai. (*)

Editor   : A. Mirza.