oleh

APKASI Gelar Webinar Pendidikan, Bupati ASA Dorong Guru Cakap Digital

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menyelenggarakan Webinar Pendidikan. Jumat, (22/10/2021)

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang mengikuti webinar ini dari Rujabnya menekankan beberapa pesan penting, khususnya kepada guru atau pendidik yang ada di Kabupaten Sinjai.

Dalam pesannya, ia menekankan pentingnya seorang guru harus cakap bermedia digital dan cakap numerasi serta berkarakter dalam menghadapi tantangan global.

Apalagi Pemkab Sinjai melalui Dinas Pendidikan (Disdik) kata Bupati ASA, merupakan daerah pertama di Indonesia yang telah melakukan kerja sama dengan PT. Microsoft Indonesia tentang percepatan tranformasi digital pendidikan sesaat sebelum pandemi.

BACA JUGA: Peringati Hari Santri Nasional, Bupati ASA Apresiasi Peran Ponpes Cegah Corona

“Sebagaimana kita ketahui bersama semenjak adanya pandemi kita lebih fokus dalam PJJ, mudah-mudahan pelatihan mengenai digitalisasi ini, ke depannya pembelajaran daring yang dilakukan guru bisa lebih bagus, inovatif dan bisa menyenangkan serta diterima oleh siswa/siswi,” ungkapnya.

Kendati demikian, kondisi tersebut kata Bupati ASA, memaksa para guru/pendidik untuk cakap bermedia digital, cakap numerasi dan berkarakter dalam menghadapi tantangan global, sehingga pihaknya mendorong seluruh guru di Indonesia khususnya di Sinjai benar-benar cakap dengan hal itu.

Tidak hanya itu, di hadapan peserta webinar, Bupati ASA yang juga merupakan Sekretaris Bidang Pendidikan dan Kebudayaan APKASI menjelaskan bahwa pihaknya menggandeng Tim Macca yang merupakan relawan yang peduli pendidikan.

Mereka kata ASA, telah bekerja secara ikhlas tanpa insentif khusus yang direkrut dari Guru dan Tenaga Kependidikan Muda, Energik dan Kreatif yang membantu Sinjai.

BACA JUGA: Peduli, Kapolres Sinjai Bantu Biaya Berobat Keluarga Personelnya

Telah banyak yang dilakukan Pemkab Sinjai melalui Disdik dengan tim Macca dengan membekali para guru di Sinjai kata Bupati ASA, diantaranya menyerahkan akun Microsoft 365 oleh Microsoft Asia Pasifict Singapore sebanyak 38.682 Akun untuk Pengawas, Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan dan para siswa di Sinjai.

Melaksanakan Training of Trainer (TOT) Macca Microsoft 365 untuk Pengawas, Guru, Tenaga Kependidikan dan Siswa. Penerapan Aplikasi Macca Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 4) Inovas Sistem Belajar “Case Study Collaboration 365”.

Selanjutnya melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terpadu Berbasis Studio dan Kelas Inspirasi. Melaksanakan virtual competition dalam rangka Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia bagi para guru dan siswa seperti Cerdas Cermat Virtual, Photography Contest, dan lainnya.

Kemudian, TOT Guru Inovatif kerjasaama PT. Microsoft Indonesia kepada seluruh Guru di Indonesia. Melaksanakan workshop penyiapan lembaga PAUD untuk Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SMP).

Bahkan mengadakan lomba pidato HAKORDIA (Hari Antikorupsi Sedunia) Tingkat SMP Se-Kabupaten Sinjal Kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Sinjai dan perguruan tinggi.

BACA JUGA: Puluhan Petugas Minta Pembangunan Tahura Dilanjutkan, DLHK Sinjai: Tetap Berjalan Sesuai RPJP

Melaksanakan program Microsoft Showcase School, Kolaborasi Pembelajaran dengan Singapore. Program Kolaboratif Peringkat Antar Bangsa dengan Malaysia serta Program Global Learning Connection (GLC) dengan Hongkong, Singapore, Malaysia & China.

Hingga kata Bupati ASA, mewakili Indonesia pada Kegiatan “Leaders in Digital Transformation of Education” yang dihadiri oleh beberapa Negara Asia, Afrika, & Eropa hingga memfasitasi Kegiatan Strategic Partnership Building Nation through Modernizing Education untuk 10 Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Kejasama/MOU Yayasan Guru Belajar Indonesia dengan Program Sekolah Merdeka Belajar (SMB).

“Tim Macca ini sebagai pelopor pendidikan digital dan senantiasa melakukan inovasi pendidikan di Kabupaten Sinjai, kita bersyukur sekali mereka bekerja dan membantu kami selama ini,” jelasnya

Webinar yang digelar APKASI ini turut dihadiri Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Dewan Pengurus APKASI Prof H. Nelson Pomalingo, Staf Ahli APKASI bidang pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Himmatul Hasanah, Pakar Asesmen Pendidikan UNY, Dr. Das Salirawati serta Pengembang Inovasi Pendidikan Internasional Certified Trainer on Educational for Asia, Prof Djohan Yoga. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU