oleh

Balita Penderita Infeksi Otak di Sinjai Tersentuh Program Kesehatan Pemerintah Daerah

INFOKESEHATAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sinjai, menyiapkan program Jamkesda Plus yang telah berjalan selama kurang lebih empat tahun selama kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA).

Program di bidang kesehatan, ini telah menyentuh ribuan warga Kabupaten Sinjai, khususnya bagi mereka yang tergolong kelas menengah ke bawah atau kurang mampu.

Sama seperti dengan bayi inisial H seorang warga Desa Pattongko, Kecamatan Sinjai Tengah yang mengalami Infeksi Otak. Balita berusia tiga (3) tahun ini telah merasakan program Jamkesda Plus.

Anak dari Novi Eliza ini dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Karena penyakit yang dideritanya, maka warga dia harus menjalani perawatan di Makassar.

Oleh karena itu, Pemkab Sinjai hadir untuk memberikan bantuan kepada keluarga pasien. Melalui program inovasi rumah singgah di Kota Makassar, melalui program Jamkesda Plus yang dicetuskan Bupati ASA sejak awal pemerintahannya.

Dengan demikian, selama menjalani perawatan, keluarga pasien menggunakan fasilitas rumah singgah sejak tanggal 9 Februari 2022. Sehingga, makan, minum hingga antar jemput dari rumah sakit ke rumah singgah ditanggung oleh Pemerintah.

“Iye ini pasien (H Read) sudah lama berobat di Makassar, menggunakan rumah singgah sejak tanggal 9 Februari 2022 sampai saat ini,” terang Kadis Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik, Selasa (8/11/2022).

Selain itu, bantuan yang bisa diberikan oleh Pemkab Sinjai berupa pembayaran iuran Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dimana Pemkab Sinjai menggratiskan pembayaran iuran warganya atau ditanggung melalui APBD.

“Kami tanggung itu karena jelas ada sumber pembiayaannya dari APBD, pembelian obat dari luar rumah sakit sulit dibantu karena akan jadi temuan pemeriksa kalau pakai uang pemerintah sementara tidak ada sumber pembiayaannya,” jelasnya. (Tim)

ADVERTISEMENT

Baca Selengkapnya

Komentar Facebook