oleh

Bappeda Sinjai Hadiri Pendampingan Penyusunan Jakstrada Pengelolaan Sampah di Makassar

KABARSINJAI.COM – Bappeda Sinjai hadiri kegiatan pendampingan penyusunan kebijakan strategi daerah pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, 4-5 Juli 2018 di Hotel Swissbellin Makassar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI).

Mereka yang hadir diantaranya Kasubid Infrastruktur, Penataan Ruang dan Komunikasi Bappeda Sinjai, Supandi, Kasubag Program dan Keuangan Bappeda Sinjai, Reski Ardy, serta perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda Kab/Kota se Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

Kegiatan ini dibuka Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Rossa Vivien Ratnawati yang diwakili oleh Direktur Bank Sampah KLHK, Novrizal Tahar.

Dikatakan secara nasional target pencapaian penyelenggaraan Jakstrada (Kebijakan Strategi Daerah) diukur melalui pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada 2025.

Untuk mencapai target ini, pemerintah daerah harus menyusun Dokumen Jakstrada dalam kurun waktu enam bulan untuk pemerintah daerah provinsi dan satu tahun untuk pemerintah daerah kabupaten/kota.

“Hal ini menunjukkan tekad yang sangat kuat untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam mengelola sampahnya melalui perubahan perilaku dan budaya masyarakat Indonesia,” Jelas Novrizal.

Tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi antar pemangku kepentingan pengelola sampah nasional dalam menyusun kebijakan, strategi, program dan kegiatan pengelolaan sampah untuk mencapai target pengurangan dan penanganan sampah.

Sebagai pemateri yakni Direktur Bank Sampah Makassar Saharuddin Ridwan dan Kabid evaluasi dan tindaklanjut P3esuma, Azri Rasul. (Ardy)

Editor / Riswan

Komentar Facebook

BERITA TERBARU