oleh

Barang Bukti Sabu Senilai Ratusan Juta Rupiah Dimusnahkan Kejari Sinjai, Beratnya?

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Barang bukti tindak pidana umum (Tipidum) dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai, di Pelataran parkir belakang Kejari Sinjai, Rabu (15/7/2020)

Barang bukti yang dimusnahkan itu telah memiliki kekuatan hukum tetap (incrach) untuk periode Januari-Mei tahun 2020.

Kajari Sinjai, Ajie Prasetya, mengatakan, dari beberapa barang yang dimusnahkan merupakan hasil kejahatan atau sarana kejahatan pidana umum. Kegiatan ini rutin dilakukan Kejari Sinjai.

Menurut Ajie, pemusnahan ini juga akan menjadi momentum tolak ukur atas keberhasilan aparat penegak hukum (APH) dalam penegakan hukum di Kabupaten Sinjai.

BACA JUGA: Sembuh, Plt Kadis Kesehatan Sinjai: Virus Corona Nyata Adanya

“Ini berkat kerjasama semua pihak terutama APH. Perlu saya sampaikan bahwa ada beberapa barang bukti yang tidak kita Musnahkan karena dilelang untuk penerimaan negara seperti motor 5 unit”, jelasnya.

Lebih jauh, Ajie merinci barang bukti dimusnahkan ini yang berhasil disita, jumlahnya 22 perkara, diantaranya Sabu seberat 77, 05 gram, obat-obatan 350 butir, tembakau gorilla, Senjata tajam, alat penghisap sabu (Bong) dan Handphone 2 buah.

“Kalau sabu itu dari beberapa kasus dan kalau dirupiahkan kurang lebih senilai Rp100 juta”, tandasnya.

BACA JUGA: Perusak Posko Covid-19 di Sinjai Diringkus, Laporan Perkaranya Banyak

Disebutkan bahwa pemusnahan barang bukti merupakan tugas pokok dan fungsi Kejaksaan pasal 274 UU tindak pidana dan pasal 30 ayat 1 huruf D UU Nomor 16 Tahun 2004 tentang kejaksaan bahwa Kejaksaan Agung dalam hal ini Kejari Sinjai berwenang untuk melaksanakan putusan pengadilan yang telah melalui proses dan mekanisme yang diatur dalam UU tersebut.

Pemusnahan barang bukti ini, dilakukan dengan cara dibakar, dilarutkan dalam air bagi barang bukti jenis sabu, dipotong dengan alat pemotongan besi untuk Sajam.

Turut hadir Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan, Ketua Pengadilan Negeri kelas II B Sinjai, Agung Nugroho Suryo Sulistio, Kasdim 1424 Sinjai, perwakilan Karutan Sinjai dan Dinas Kesehatan Sinjai.(Adi)

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU