oleh

Bawaslu Sinjai Punya Pojok Pengawasan dan PPID, ini Fungsinya

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sebagai wujud keterbukaan informasi publik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai meresmikan pojok pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) serta pojok pengawasan, Jumat sore (25/9/2020)

Tujuannya, untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dan stakholders dalam memperoleh informasi dan data seputar aktifitas pengawasan pemilu.

Selain itu, sebagai sarana bagi warga yang ingin berdiskusi, mendapatkan informasi, baca buku, atau ingin tahu terkait Pengawasan Partisipatif.

Hadirnya dua terobosan pelayanan publik di Bawaslu Sinjai itu mendapat apresiasi dari Bawaslu Provinsi Sulsel melalui Koordinator Divisi Hukum dan Data Informasi (Datin) Bawaslu Sulsel, Dr Adnan Djamal.

BACA JUGA: Hari Pariwisata Sedunia, Disparbud Sinjai Adakan Lomba Foto, ini Syaratnya

Menurut Adnan, ini menandai bahwa Bawaslu Sinjai benar-benar serius memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat Sinjai.

“Bawaslu Sinjai yang pastinya akan dekat dengan publik, sebab pelayanan informasi melalui kedua pojok ini sudah siap. Kami dari Bawaslu Provinsi sangat mengapresiasi hal ini”, kata Adnan usai meresmikan kedua pojok itu.

Koordinator Divisi Hukum dan Data Informasi (Datin) Bawaslu Sulsel, Dr Adnan Djamal bersama Kadis Kominfo Sinjai, Irwan Suaib didampingi Ketua Bawaslu Sinjai Muh Rusmin meninjau pojok PPID Bawaslu Sinjai usai diresmikan, Jumat 25 September 2020.

Adnan berpesan agar PPID dan Pojok pengawasan Bawaslu Sinjai yeng letaknya berada pas didepan kantor Bawaslu, terkelola secara profesional, serta memberikan pelayanan publik seoptimal mungkin.

BACA JUGA: Bupati Sinjai Duduki Jabatan Penting di Struktur Kepengurusan DPP Gerindra

Meski demikian, Adnan juga berpesan agar mencermati dan mengklasifikasi mana informasi publik dan informasi yang dikecualikan sesuai Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan dikuatkan dengan peraturan Bawaslu nomor 10 Tahun 2019.

Sementara itu, PPID Bawaslu Provinsi Suslel, Hj Nurmalawati Pulubuhu mengemukakan, Bawaslu Sinjai telah bekerja sebagai barisan yang mendukung kerja-kerja lembaga yang telah terpercaya di tingkat Nasional sebagai lembaga informatif.

Apalagi kata dia, Bawaslu dua tahun berturut-turut terpercaya berada di peringkat tertinggi sebagai lembaga informatif pilihan Komisi Informasi Publik Republik Indonesia.

“Kami sangat apresiatif, ruangannya sangat strategis, informasinya juga sangat komunikatif dan menarik perhatian. Semoga ini bisa dimaksimalkan”, tandasnya.

BACA JUGA: Membanggakan, Pelajar Asal Sinjai Wakili Sulsel di FLS2N Tingkat Nasional

Peresmian pojok PPID dan Pojok pengawasan ini turut dihadiri PPID Utama Kabupaten Sinjai, Irwan Suaib yang juga Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Ketua Bawaslu Sinjai, Muh Rusmin, Komisioner Bawaslu Sinjai, Saifuddin Tahe dan Ismail serta Ketua KPU Sinjai, Muh Naim dan PPID Bawaslu Sinjai, Edhy Akbar. (Ac)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU