Bawaslu Sinjai Samakan Persepsi Soal Penanganan Pelanggaran Pemilu

KABARSINJAI –┬áBadan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sinjai mengadakan, rapat koordinasi (Rakor) penanganan pelanggaran dalam rangka pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 di aula wisma Sanjaya, Selasa (17/10).

Kegiatan ini menghadirkan perwakilan dari Instansi kejaksaan dan kepolisian yang tergabung dalam Centra GAKKUMDU serta seluruh ketua dan Anggota Panwaslu kecamatan (Panwascam) se-kabupaten Sinjai.

Koordinator divisi penanganan pelanggaran dan Penyelesaian sengketa, Bawaslu Sinjai, Ahmad Ismail mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah mengkonsolidasikan jajaran pengawas pemilu tingkat kecamatan untuk dapat memperkuat pemahaman mekanisme penanganan pelanggaran yang tertuang dalam juknis penanganan pelanggaran Pemilu.

Memetakan potensi pelanggaran pada tahapan kampanye serta merawat integritas penyelenggara adhoc guna mempersiapkan strategi yang efektif dalam pencegahan dan menangani pelanggaran yang terjadi.

BACA JUGA; Vakum Beberapa Tahun, KPRI Bersatu Depdagri Sinjai Adakan RAT

“Saya harapkan kepada para panwaslu Kecamatan agar dapat memahami mekanisme penanganan pelanggaran yang tertuang dalam juknis penanganan pelanggaran Pemilu dan dapat memetakan potensi pelanggaran pada tahapan selanjutnya serta merawat Integritas sebagai penyelenggara adhoc,” imbuhnya.

Di tempat yang sama ketua Bawaslu Sinjai Muhammad Arsal Arifin, menegaskan, Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu telah mengambil langkah baru dalam penanganan pelanggaran Pemilu, yaitu penanganan pelanggaran yang firmatif.

Cara ini kata dia, menekankan pada cara pengawasan menangani dugaan pelanggaran pemilu, sehingga mengamfirmasi terwujudnya keadilan pemilu.

“Penanganan pelanggaran pemilu memiliki mekanisme penanganan pelanggaran sangat komplek, berorientasi pada perlindungan hak politik, memberikan kemudahan kepada peserta pemilu dan masyarakat dalam menyampaikan laporan. Di mana pelapor bisa dengan mudah mengetahui proses dan hasilnya,” jelasnya.

BACA JUGA: Didukung Personel Gabungan, Polres Sinjai Laksanakan Ops Mantap Brata

Rakor penanganan pelanggaran Pemilu tersebut menghadirkan Narasumber melalui daring Dr. Azry Yusuf, SH.,MH. Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi selatan Periode 2017-2022. (Ril/*)