oleh

Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Pemkab Sinjai Diadukan Ke Dewan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Program pemerintah Kabupaten Sinjai di bidang pendidikan, yakni beasiswa berprestasi mendapat sorotan dari mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Demokrasi.

Persoalan ini kemudian di bawa ke DPRD Kabupaten Sinjai untuk meminta penjelasan kepada Dinas Pendidikan (Disdik). Aspirasi itu diaminkan KomisinI DPRD Sinjai, dengan Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar, Kamis (2/1/2020)

Renal, salah satu pembawa aspirasi memaparkan tujuan membawa aspirasi ke DPRD untuk meminta penjelasan kepada Tim panitia seleksi (pansel) dalam hal proses seleksi penerimaan dan pengumuman bantuan Beasiswa.

Meski mendapat apresiasi dari mahasiswa akan tetapi Pemkab Sinjai dianggap kurang demokratis terkait persoalan pendaftaran yang terbentur dengan Perbup. “Ini yang menjadikan mahasiswa kebanyakan tidak lolos seleksi karena adanya perbup itu”, Ungkapnya.

Seharusnya pengumuman penerima beasiswa tersebut harus transparan agar tidak ada yang diskriminasi. “Jadi kami meminta pengumuman tersebut bila acuannya adalah perangkingan seharusnya pansel mengumumkan juga IPK yang di anggap belum memenuhi persyaratan,” tegasnya.

Baca Juga: Ketua DPRD Sinjai Respon Baik Baksos yang Akan Digelar KMS UNM

Mendengar penjelasan pembawa aspirasi, Sekretaris Dinas Pendidikan, Andi Sompa, mengaku bahwa pihaknya sudah benar dan secara maksimal telah melaksanakan tugas sesuai apa yang tertuang pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 33 Tahun 2019 tentang bantuan Beasiswa Mahasiswa berpreatasi.

“Inshaa Allah apa yang menjadi harapan adik-adik akan kita akan usahakan untuk di akomodir dengan sebelumnya melakukan revisi Perbup dengan melibatkan kembali seluruh elemen didalamnya sesuai keinginan Pak Bupati karena tidak hanya mahasiswa, khusus beasiswa S3 ini ASN juga agar bisa tercover” , katanya.

Menengahi persoalan tersebut, Ketua Komisi I DPRD Sinjai, Jamaluddin, menyampaikan bahwa sekiranya yang mengumpulkan berkas dan lulus persyaratan IPK 3,5 agar dicarikan solusi agar tetap menikmati manfaat beasiswa Pemkab Sinjai.

“Sekiranya di akomodir dan dicarikan solusi untuk mendapatkan beasiswa karena semua mahasiswa sangat membutuhkan anggaran untuk penyelesaian studi itu”, tandasnya.

Turut hadir Anggota Komisi I DPRD, Hj. Nurbaya Toppo, Zahra Usman, Muh. Wahyu, M. Takdir, Hasna, Rustan, Darna, Hj. A. Nurbaeti, Kepala Dinas Pendidikan, Andi Jefrianto Asapa, perwakilan Bagian Hukum dan Ham setdakab Sinjai, dan seluruh anggota komisi I DPRD Sinjai. (Nit)

Editor/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU