oleh

Begini Bentuk Perhatian Pemkab Sinjai Bagi Penyandang Disabilitas

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Sosial (Dinsos) terus mengupayakan warga yang berstatus Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) agar mendapat perhatian serius.

Di tahun 2021 ini, Dinsos mulai merancang berbagai program yang menyasar para penyandang disabilitas untuk menunjang perekonomiannya.

Mulai dari pendampingan, pelatihan, dan pendampingan kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP)/Kelompok Usaha Bersama (KUB) bagi penyandang disabilitas maupun lansia (lanjut usia) potensial.

Beberapa program diantaranya sudah berjalan, khususnya yang anggarannya bersumber dari Pemerintah Pusat seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), program sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH).

BACA JUGA: Pemkab Sinjai Usul 900 Guru Honorer Ikut Seleksi P3K

“Program bansos ini tidak hanya menyasar bagi warga yang terdampak Covid-19, namun juga menyasar para lansia dan penyandang disabilitas, ” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Sosial Sinjai, Andi Muh Idnan. Selasa (23/02/2021).

Selain itu, berbagai program lain yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan khususnya para penyadang disabilitas seperti pelatihan, bantuan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD), alat bantu dan bantuan bibit ikan nila.

“Tiap tahun kami usulkan ke Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat agar penyandang disabilitas mendapat fasilitas penunjang seperti alat bantu pendengaran dan sejenisnya. Sementara untuk bantuan bibit ikan nila ini kita rencanakan dari APBD Kabupaten Sinjai,” tambahnya.

Menurut Idnan, berbagai bantuan ini merupakan salah satu perwujudan visi dan misi Pemkab Sinjai yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023 untuk memenuhi hak dalam rangka peningkatan kapabilitas dan tanggung jawab sosial penyandang disabilitas dan lansia sebagai bagian masyarakat.

BACA JUGA: STQH Tingkat Kabupaten Sinjai Resmi Dimulai, Simak Cabang Lombanya

“Ini merupakan bentuk perhatian Bapak Bupati Sinjai Andi Seto Asapa yang memberi perhatian khusus kepada penyandang disabilitas maupun lansia agar mereka juga memiliki hak yang sama untuk membangun diri sendiri dan daerahnya,” cetusnya.

Dinas Sosial juga setiap saat melakukan verifikasi dan validata data jumlah penyandang disabiltas dan lansia di Sinjai agar kedepan bisa mendapatkan bantuan. (Ril/Baso)

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU