oleh

Belasan Desa Akan Terapkan Smart Kampung, Bupati ASA: Mudahkan Pelayanan Kepada Masyarakat

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Program unggulan Smart Kampung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) terus digenjot melalui Dinas Komunikasi, Informatika (Diskominfo) dan Persandian Kabupaten Sinjai.

Untuk tahun ini, program Smart Kampung tersebut segera dinikmati masyarakat yang berada di Dua Kecamatan, yakni Kecamatan Sinjai Timur dan Kecamatan Pulau Sembilan.

Kadis Kominfo melalui Kepala Seksi Tata Kelola E-Government, Haryanti Arief, menjelaskan, semua desa yang berada di dua kecamatan ini, mulai mempersiapkan anggaran penyediaan infrastruktur jaringan seperti pembangunan tower, internet dan hal-hal lain, termasuk sumber daya manusianya.

Mengingat hal ini merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam program Smart Kampung sehingga instansi di pemeritah Kabupaten, Kecamatan dan di Desa dapat terintegrasinya dengan sistem.

BACA JUGA: Atlet Porprov Sinjai Jajal Ketangkasan di Pertandingan Olahraga Semarak Haornas

“Inshaa Allah tahun ini sudah terealisasi, tahap pertama itu 13 Desa di Sinjai Timur dan 4 Desa di Kecamatan Pulau Sembilan,” ungkap Haryanti Arief, Rabu (15/9/2021)

Program smart kampung sendiri memiliki kerangka program terintegrasi dengan memadukan penggunaan teknologi berbasis jaringan internet.

Tujuannya untuk mempermudah sekaligus mempercepat layanan publik di berbagai bidang hingga ke tingkat desa, seperti contohnya pengurusan administrasi, atau pengurusan dokumen kependudukan.

Masyarakat tidak perlu lagi datang ke Disdukcapil, karena layanan publik telah terintegrasi dengan Desa yang bersangkutan. Prosesnya bisa langsung dilakukan dari kantor Desa. Tentu ini akan mempercepat proses pengurusan dokumen kependudukan yang akan diurus oleh masyarakat.

BACA JUGA: Resmi Bergulir, Bupati ASA Ingatkan Prokes Jadi Prioritas di Turnamen Futsal Yaman

“Intinya program smart kampung memudahkan masyarakat. Jadi ini bentuk komitmen pak Bupati dalam melakukan percepatan pelayanan publik ke masyarakat,” tambahnya

Dikatakan program Smart kampung juga sejalan dengan pengembangan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pelayanan kepada masyarakat, yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Kita juga telah memberikan pelatihan kepada para perangkat desa terkait pembuatan dan pengelolaan website yang nantinya akan terintegrasi dengan program smart Kampung,” jelasnya.

BACA JUGA: Sinjai Akan Memilih Duta Baca Tahun 2021

Sementara itu, Bupati ASA menuturkan program ini salah satu program atau visi misi sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan publik hingga ke tingkat desa desa, serta sebagai wadah untuk pengembangan potensi desa.

“Semoga program smart kampung ini bisa diaplikasikan di seluruh desa/kelurahan di Sinjai terkhusus di tempat pelayanan publik, sehingga akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU