oleh

BEM dan UKM Seni Lontara STISIP Muhammadiyah Sinjai Gelar Seminar Kebudayaan. Ini Tujuannya!

KABARSINJAI.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bekerjasama UKM Seni Lontara Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Muhammadiyah Sinjai menggelar Seminar Kebudayaan di Ruang Pola Lama Eks Kantor Bupati, Senin (23/4/2018).

Seminar Kebudayaan yang mengangkat tema “Dedikasi mahasiswa dalam memfilter budaya asing di bumi Panritta Kitta” dibuka Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Al Islam Kemuhammadiyahan STISIPM Sinjai, Mochammad Nurdin.

Dalam sambutannya, Mochammad Nurdin mengatakan tujuan kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk mengembalikan kearifan budaya lokal Sinjai yang dikenal Bumi Panrita Kitta. “Kami berharap ada output yang dihasilkan dari seminar ini, karena ada budaya kita yang perlu dilestarikan, bukan hanya budaya luar yang kita konsumsi,” terangnya.

Sementara itu, Pembina UKM Seni Lontara, Zulkifli Arifin mengungkapkan rasa bangganya kepada panitia atas kegiatan yang dilaksanakan, karena menurutnya kondisi masyarakat sekarang ini semakin hari meninggalkan budaya lokal yang ada di wilayahnya. “Kita sebagai masyarakat lokal memiliki peran aktif untuk mempertahankan budaya kita,” katanya.

Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan rasa keingin tahuan orang barat selalu ingin tahu budaya Indonsia sepatutunya menjadi bahan acuan bangsa untuk dapat melestarikan budaya agar tidak di inventarisasi atau diakui sebagai luar.

“Kebanyakan orang barat selalu ingin tahu budaya kita, tapi kita selalu ingin mengetahui budaya luar. Takutnya budaya lokal akan di inventaris dan akan diakui sebagai budayanya lalu kita akan kehilangan budaya dan kehilangan identitas,” tambahnya.

Sehingga, melalui kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan wadah dalam menggali untuk mengetahui budaya bangsa dan kearifan lokal karena Indonesia terkenal dengan kekayaan budayanya.

Adapun narasumber pada Seminar Kebudayaan tersebut, diantaranya Kepala Bidang Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, Andi Mandasini Saleh, dan pegiat seni dan sastra sekaligus budayawan, Drs. Muhannis.

Turut hadir Sekretaris BEM STISIP Muhammadiyah Sinjai, Hardiana Mulfi, Ketua UKM Seni Lontara Sofyan Efendi, serta puluhan Mahasiswa STISIP Muhammadiyah Sinjai.

Editor : Irawan.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU