Beri Perlindungan, HNSI Sinjai Puji Kepedulian Bupati ASA Terhadap Nelayan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Dewan Pengurus Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesian (DPC HNSI) Kabupaten Sinjai menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Apresiasi itu dilontarkan Ketua HNSI Sinjai, Emil Salim. Pasalnya Bupati ASA dinilai komitmen memberikan perlindungan dalam hal ini jaminan subsidi premi untuk asuransi nelayan.

“Sektor kelautan dan perikanan menjadi primadona untuk mendorong kemajuan ekonomi, sehingga komitmen bapak Bupati dalam memberikan pelayanan jaminan subsidi premi kepada para nelayan di Sinjai patut kita jempol dan berterima kasih kepada beliau,” ujarnya, Rabu, (13/04/2022)

Hal tersebut kata Emil, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam.

Baca juga:
Warga Desa Baru Bersyukur, Bupati ASA Berkunjung dan Salat Tarawih di Desanya

Serta implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Ketenagakerjaan, kemudian Perda Nomor 5 Tahun 2015 tentang tenaga kerja serta Perbup Sinjai Nomor 81 Tahun 2021 tentang subsidi premi kepesertaan jamsostek bagi nelayan Sinjai.

Selain itu, Ketua HNSI Sinjai juga menssuport upaya Pemkab Sinjai di tangan Bupati ASA yang memfasilitasi para nelayan untuk mendapatkan akses permodalan dari perbankan.

“Upaya bapak Bupati dalam memberikan ruang kepada para nelayan untuk mendapatkan modal usaha ini juga patut diapresiasi. Karena ini akan mempermudah nelayan untuk mengakses pihak perbankan sehingga bisa dengan mudah memperoleh modal usaha,” jelasnya.

Baca juga:
Koleksi Motor Balap Liar Sitaan Bertambah 30, Halaman Mapolres Sinjai Makin Penuh

Sekedar diketahui, dalam kepemimpinan Bupati ASA, program pemberian subsidi premi untuk asuransi nelayan yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan akan kembali diberikan di tahun 2022 dan menyasar sekitar 500 nelayan.

Kini, tercatat lebih dari 3.000 nelayan di Sinjai telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.