Berikut Jadwal Debat Ketiga Pilpres 2024 dan Jam Berapa? Hingga Link-nya

KABARSINJAI Debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dijadwalkan digelar hari ini, Minggu (7/1). Lantas, debat ketiga Pilpres 2024 ditayangkan jam berapa? Simak jadwal dan link-nya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan debat Pilpres 2024 dengan format pertama untuk debat capres, debat kedua untuk cawapres, debat ketiga untuk capres, debat keempat untuk cawapres, dan debat kelima atau yang terakhir untuk debat capres.

Ini artinya, debat ketiga akan mempertemukan kembali ketiga calon presiden (capres) yakni Anies Baswedan (capres nomor urut 1), Prabowo Subianto (capres nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (capres nomor urut 3).

Pada setiap debat capres-cawapres 2024 akan membahas tema berbeda-beda. Khusus pada debat ketiga hari ini, tema yang diangkat adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan internasional, dan Geopolitik.

Masyarakat diimbau untuk menyimak dengan baik visi, misi, program kerja dan gagasan para calon presiden yang dijadikan bahan kampanye pada saat sesi debat berlangsung.

Jam berapa debat ketiga Pilpres 2024?
Debat ketiga Pilpres 2024 yang diikuti oleh capres dilaksanakan hari ini, Minggu (7/1) mulai pukul 19.00 WIB di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Total keseluruhan durasi debat 150 menit, termasuk iklan. Durasi khusus debat yaitu 120 menit yang terbagi dalam enam segmen.

Debat ketiga Pilpres 2024 dapat disaksikan secara langsung pada waktu tersebut dengan mengakses salah satu dari link berikut:

Link live streaming debat ketiga Pilpres 2024

KPU menetapkan Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki sebagai moderator debat ketiga Pilpres 2024. Keduanya merupakan jurnalis dari MNC Group.

Kali ini, KPU akan memberi waktu bagi moderator untuk menanyakan kepanjangan dari singkatan atau akronim kepada capres yang mengajukan pertanyaan dalam debat. Hal ini agar substansi debat lebih jelas.

Sementara, debat berikutnya yang diperuntukkan bagi cawapres dijadwalkan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024. Tema yang akan dibahas meliputi Pembangunan Berkelanjutan, SDA, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria Masyarakat Adat dan Desa.

Jadwal lengkap debat capres dan cawapres Pilpres 2024
Berikut jadwal lengkap debat Pilpres.

Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023 Jam tayang: 19.00 WIB
Tema debat (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.
Tayang: TVRI dan RRI

Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023
Jam tayang: 19.00 WIB
Tema debat (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.
Tayang: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV

Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024
Jam tayang: 19.00 WIB
Tema debat (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik. Tayang: MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV

Debat Keempat: Minggu, 21 Januari 2024
Jam tayang: Menunggu jadwal KPU
Tema debat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.
Tayang: SCTV, Indosiar, dan MetroTV

Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024
Jam tayang: Menunggu jadwal KPU
Tema debat (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi. Tayang: TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV

Daftar nama panelis debat ketiga Pilpres 2024.

Berikut daftar nama 11 panelis debat capres pada 7 Januari 2024.

Angel Damayanti (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)

Curie Maharani Savitri (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus) Evi Fitriani (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia) Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)
I Made Andi Arsana (Ahli Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada) Ian Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina)

Irene Hiraswari Gayatri (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional) Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan) Laksamana TNI (Purn) Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)

Philips J. Vermonte (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)
R. Widya Setiabudi Sumadinata (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjajaran).

Itulah jadwal lengkap untuk menjawab pertanyaan debat ketiga Pilpres 2024 jam berapa. Semoga bermanfaat.

Sumber /cnnindonesia.com