Berkunjung ke Sinjai, Pengelolaan PPI Lappa Jadi Atensi DPRD Sulsel

KABARSINJAI.COMKomisi B DPRD Provinsi Sulsel melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sinjai, khususnya ke Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Lappa, di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (27/12/2022).

Kunjungan kerja tersebut dipimpin Wakil Ketua Komisi B DPRD Sulsel, H. Syahrir dan diterima Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, di aula pertemuan PPI Lappa.

H. Syahrir mengungkapkan, kedatangan rombongan ke Kabupaten Sinjai dalam rangka meninjau sekaligus menggali informasi terkait sistem pengelolaan PPI Lappa yang kini telah diserahkan dan menjadi kewenangan pemerintah provinsi (Pemprov) sejak tahun 2020 lalu.

Usai mendengar sejumlah gambaran pengelolaan PPI Lappa dari Dinas Perikanan Sinjai maupun kepala UPT PPI Lappa, Wakil Ketua Komisi B DPRD Sulsel, H. Syahrir mengungkapkan akan menindaklanjuti kunjungan kerja ini.

BACA JUGA: Tiap Tahun Insentif Keagamaan Direalisasikan Bupati ASA, Jumlahnya Puluhan Miliar

Dalam waktu dekat, pihaknya bakal melaksanakan rapat dengar pendapat dengan sejumlah instansi terkait mengenai pengelolaan PPI Lappa yang menjadi kewenangan provinsi.

“Insya Allah kita akan laporkan ke pimpinan dan menindaklanjuti dengan RDP membahas pengelolaan PPI Lappa kedepan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Penjabat Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa menegaskan meski penyerahan atau pelimpahan kewenangan PPI Lappa dari Kabupaten ke Provinsi telah dilakukan namun sampai saat ini belum ada kesepakatan pengelolaan.

Penyerahan kewenangan diatur berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang peralihan kewenangan antara Kabupaten/kota dan provinsi.

“Sampai hari ini kita belum ada kesepakatan yang kita bisa bangun dengan pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Perikanan kelautan provinsi karena ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Termasuk belum adanya Perjanjian Kerja sama dalam pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” katanya.

Olehnya itu, dia berharap kunjungan kerja Komisi B DPRD Sulsel ke PPI Lappa membuahkan hasil, serta dapat memperoleh peningkatan pengelolaan yang baik di kabupaten Sinjai.

BACA JUGA: Ibu Rumah Tangga di Sinjai Borong Tewas Mengenaskan, Luka Menganga Dibelakang Leher

“Mudah-mudahan kedepan PPI Lappa bisa lebih berkembang karena kita ketahui ini tidak hanya berkaitan dengan perikanan namun juga ada pelaku UMKM, ada juga dari dinas perikan dan lain-lain sehingga apa yang akan kita konsep terkait kerjasama dengan komisi B DPRD provinsi Sulawesi Selatan ini berjalan sesuai apa yang diinginkan,” harapnya.

Kunjungan kerja Komisi B DPRD Sulsel turut dihadiri Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikan Sulsel, Sekretaris Dinas Perdagangan Sulsel, serta Kepala Disperindag dan ESDM Sinjai, Muh. Saleh. (AC)