oleh

Besaran Zakat Fitrah di Sinjai Diputuskan, Pembayarannya Diimbau Diawal Ramadan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Meski penentuan 1 ramadan 1441 Hijriah tahun 2020 masehi diputuskan Kamis 23 April besok oleh Pemerintah Pusat, namun besaran zakat fitrah di Kabupaten Sinjai telah diputuskan.

Keputusan itu diperoleh melalaui rapat bersama yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sinjai Drs. H. Abd. Hafid M. Talla dan dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Dr. H. Mukhlis Isma, dan Ketua MUI Sinjai Drs. H. Abd. Hamid DM di Aula Kantor Kemenag Sinjai.

Penentuan zakat fitrah ini dilakukan sejak awal mengingat zakat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat akibat dampak ekonomi yang kurang stabil aibat pandemi virus corona (Covid-19).

Baca Juga: Sidang Rizal Alias Ical Kembali Digelar, JPU Hadirkan Tiga Orang Saksi

Sekaitan dengan hal tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai. Dr. H. Mukhlis Isma mengimbau agar para wajib zakat dapat membayarkan zakatnya di awal puasa Ramadan agar memudahkan pengelola zakat melakukan pendistribusian kepada para mustahik lebih cepat.

“Kita ketahui bahwa penyaluran Zakat fitrah itu lebih afdal di akhir bulan ramadan akan tetapi dengan berbagai pertimbangan dengan adanya virus covid-19 ini, maka dibolehkan disalurkan diawal ramadan sehingga saudara kita yang terdampak bisa menikmati zakat tersebut. Semoga ini menjadi perhatian kita semua”, tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Sinjai, Drs. H. Abd. Hafid M. Talla, menjelaskan bahwa hasil rapat tersebut menetapkan jumlah zakat fitrah dimana untuk beras, sesuai takaran zakat fitrah yang wajib dikeluarkan adalah sebesar Rp. 28.000/jiwa atau setara dengan 3,5 liter beras.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Posko, Kominfo Sinjai Akan Pasang Jaringan Internet

“Besaran ini sama jumlahnya dengan tahun lalu disesuaikan dengan harga beras dipasaran yakni Rp28.000 rupiah per orang”, katanya.

Jumlah ini lanjutnya, merupakan nilai zakat yang akan dibayar setiap individu umat muslim yang disesuaikan dengan pangan yang dikonsumsi.

Rapat penentuan besaran zakat ini turut dihadiri, perwakilan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sinjai, Sekretaris Disperindag dan ESDM Sinjai Andi. Muh. Idnan, perwakilan dari Bagian Kesra Setdakab dan Para Kepala KUA Se-Kabupaten Sinjai. (Ay)

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU