Besok, Ada Nikah Massal di Halaman Kemenag Sinjai

KABARSINJAI Progam nikah massal yag digagas oleh Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang (BRI Kanca) Sinjai bekerjasama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sinjai akan dogelar, Selasa (12/2023) besok.

Diketahui, nikah massal ini akan dilaksanakan di Halaman Kantor Kemenag Sinjai, Jalan Jenderal Sudirman.

Program nikah massal dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-128 BRI menargetkan 20 pasangan calon pengantin dari sembilan kecamatan.

Inshaa Allah, untuk pelaksanaannya akan dilaksanakan selasa pagi besok dengan konsep acara akan dibuat semeriah mungkin sesuai dengan harapan kita bersama,”  Kata Kemenag Sinjai, H. Jamaris, Senin

Dijelaskan bahwa nikah massal merupakan bagian dari program sebagai wujudkan rasa kepedulian bagi masyarakat yang telah menikah secara sah menurut ajaran agama Islam, namun belum mendapatkan legalitas dari pemerintah karena tidak memiliki buku nikah yang dikeluarkan oleh Kemenag Republik Indonesia.

“Nikah massal ini tujuannya untuk membantu masyarakat agar memiliki status hukum. Sah secara agama, sah juga secara negara dengan tetap merujuk kepada peraturan perundang-undangan perkawinan yang berlaku,” tambahnya.

Dikatakan kemitraan antara BRI dan Kantor Kemenag Sinjai bisa dijadikan momentum untuk kedepannya, sehingga kerjasama kita bukan hanya ini saja. Tetapi bisa dalam bentuk lain yang sifatnya demi kepentingan masyarakat banyak.

Nikah massal yang akan dilaksanakan oleh BRi ini merupakan kali pertama dengan tujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki surat nikah akibat terkendala birokrasi administrasi.

Tak hanya memfasilitasi nikah massal, Diketahui BRI Sinjai juga akan menyediakan make up artis bagi calon pasangan pengantin, termasuk menyiapkan souvernir pernikahan untuk menambah kemeriahan program nikah massal. (“”)