oleh

Bhabinkamtibmas di Sinjai, Ikuti Pelatihan Inseminator Pemula.

Kabarsinjai.com – Sebanyak 25 Personil Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Sinjai mengikuti Pelatihan Inseminator Pemula Angkatan 1 di Rumah Potong Hewan (RPH) Sinjai Kelurahan Bongki SInjai Utara. Rabu, (28/03/2018).

Pelatihan yang berlangsung selama Tiga hari dari tanggal 26 – 28 Maret 2018 ini, dilaksanakan atas kerjasama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai dan Satuan Binmas Polres Sinjai.

Kepala DPKH Sinjai, dr. Aminuddin Zainuddin yang ditemui mengatakan pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan ilmu dan keterampilan tentang Inseminasi Buatan (IB) kepada Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa, yang tentunya diharapkan dapat berkolaborasi dengan Inseminator kecamatan dalam melayani masyarakat.

” Kalau biasanya yang kami latih itu warga sipil, kali ini kita ingin juga memanfaatkan dan memberdayakan tenaga teman – teman dari Bhabinkamtibmas untuk bisa melayani masyarakat tentang IB,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan meski pelatihan ini singkat namun sangat membantu DPKH Sinjai dengan kehadiran Bhabinkamtibmas dalam melayani masyarakat, karena perannya dalam mengayomi masyarakat sangat dibutuhkan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mengikuti program IB ini.

Selain itu, kata Aminuddin proses pelatihan ini juga tidak akan berhenti sampai disini, tetapi kedepan pihaknya akan melakukan evaluasi kinerja yang betul – betul menerapkan ilmu dan keterampilannya dilapangan.

” Sebagai pembuktian kami berikan sertifikat dan alat untuk dipakai dilapangan nanti, seperti Inseminasi Gun, Gunting, dan Termos Lapangan. Proses ini juga tidak berhenti disini, kalau misalnya diantara mereka nanti sudah dievaluasi dilapangan dan perlu naik jenjang, maka kami juga akan fasiltasi untuk dilakukan pelatihan di Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari dan Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang Bandung,” jelasnya.

Diketahui, dalam Pelatihan Inseminator Pemula angakatan 1 ini meliputi pengenalan alat, tatacara IB, dan sistem pelaksanaan IB dilapangan. (A. Mirza)

Editor : Irawan.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU