oleh

Bibir Hitam Ternyata Bukan Hanya Karena Rokok

KABARSINJAI.COM, Health – Bibir hitam kadang membuat percaya diri seseorang jadi berkurang. Mungkin bagi kamu yang bukan perokok akan merasa kebingungan karena perubahan warna bibirnya. Yup, ternyata rokok bukan salah satu penyebab bibir hitam, lho.

Pakar kesehatan menyebut kandungan nikotin di dalam rokok menjadi biang keladi bibir menghitam. Nikotin ini mampu mempengaruhi pigmen dan nikotin pada bibir sehingga membuatnya memiliki warna lebih gelap atau kehitaman.

Kandungan lain yang bisa menyebabkan dampak buruk bagi warna dan kondisi bibir adalah benzyprene. Kandungan ini juga bisa membuat bibir menjadi lebih kering dan kusam. Selain itu, aroma mulut dari para perokok juga menjadi kurang sedap akibat hal ini.

Baca Juga: Benarkah di Sinjai Belum Ada Pasien Corona, Berikut Pernyataan Bupati

Ada banyak penyebab bibir hitam yang harus kamu ketahui. Kira-kira apa saja?

1. Penggunaan Lipstik yang Terlalu Sering

Tahu nggak, ternyata terlalu sering menggunakan lipstik juga bisa bikin bibir jadi gelap. Terlebih kalau produk lipstik yang kamu gunakan mempunyai kandungan yang berbahaya.

Kopi dan teh memiliki kandungan kafein yang cukup banyak dan bisa membuatmu jadi dehidrasi. Saat kamu mengalami dehidrasi, bibir pun jadi kering dan lama-lama berubah lebih gelap.

2. Hobi Minum Kopi dan Teh

Kopi dan teh memiliki kandungan kafein yang cukup banyak dan bisa membuatmu jadi dehidrasi. Saat kamu mengalami dehidrasi, bibir pun jadi kering dan lama-lama berubah lebih gelap.

3. Jarang Mengeksfoliasi Bibir

Hayo, siapa nih yang jarang mengeksfoliasi bibir? Ada banyak kulit mati yang menumpuk pada bibir apabila kamu tidak rutin mengeksfoliasi bibir. Kamu bisa meracik bahan eksfoliasi dengan mencampur madu dan gula.

4. Kurang Minum Air Putih

Air putih itu punya banyak manfaat untuk tubuh, termasuk juga bibir. Pastikan untuk meminum air putih minimal 8 gelas per hari supaya bibirmu nggak mudah pecah-pecah.

Baca Juga: Begini Kondisi Stok Pangan di Sinjai Jelang Ramadhan

5. Paparan Sinar Matahari

Tak hanya kulit, bibir pun sangat berpotensi mengalami hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan lip balm yang mengandung SPF.

Sumber : Indozoneid/Bukamatanewsid
Editor/Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU