BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca di Sulsel, Termasuk Wilayah Sinjai

KABARSINJAI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di seluruh wilayah Sulawei Selatan (Sulsel) dari tanggal 1-3 Juli 2024 akan terjadi hujan sedang hingga lebat.

Hal itu berdasarkan rilis yang dikeluarkan BMKG tentang peringatan dini cuaca dan iklim di Sulsel.

Dalam rilisannya juga disampaikan bahwa  tanggal 4-10 Juli 2024 diprediksi akan terjadi hujan sedang hingga lebat di berbagai wilayah di Sulsel, termasuk di beberapa kecamatan di Kabupaten Sinjai.

Melalui sebuah surat yang ditujukan kepada Gubernur Sulsel per tanggal 30 Juni 2024, khusus di Kabupaten Sinjai, BMKG memasukkan daerah Kecamatan Sinjai Barat, Sinjai Tengah dan Sinjai Borong sebagai wilayah kategori “Waspada”.

Sedangkan wilayah kategori “siaga” ditetapkan di Kecamatan Bulupoddo, Pulau Sembilan, Sinjai Timur, Sinjai Selatan, Tellulimpoe, dan Sinjai Utara. Status peringatan dini cuaca tersebut berlaku tanggal 1-10 Juli 2024.

Olehnya itu, Pj Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah saat menghadiri HUT Bhayangkara Ke-78 di Polres Sinjai, Senin (01/07/2024), akan memberikan perhatian serius terhadap status peringatan dini yang ditetapkan BMKG di sejumlah wilayah di Kabupaten Sinjai.

“Pekan ini kita akan tetapkan status siaga tanggap darurat untuk menghadapi situasi kebencanaan di Kabupaten Sinjai. Kita akan siapkan tim, kita akan coba kembali normalisasi kanal. Kita juga akan mempersiapkan juga alat berat ketika sewaktu-waktu terjadi longsor,” ucapnya.

Lewat kesempatan ini juga, Pj Bupati yang didampingi Kepala BPBD Sinjai, Budiaman, mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada akan cuaca buruk di saat sekarang ini.

“Kita harapkan masyarakat senantiasa terus waspada terhadap dampak musim hujan,” imbaunya. (**)

Komentar