BNPB Bakal Kunjungi Titik Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Sinjai

KABARSINJAI – Peristiwa banjir dan tanah longsor disejumlah titik di Kabupaten Sinjai pada pekan lalu mendapat respon positif dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Ini dibuktikan dengan rencana survei yang akan dilakukan oleh BNPB di Kabupaten Sinjai pada Rabu (14/6/2023) besok.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs. Budiaman usai menemui Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Rabu (43/6/2023).

Menurut Budiaman, survei ini akan dilakukan berdasarkan laporan yang dikirimkan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai kepada BNPB beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah kejadian yang kami laporkan bersama Pak Sekda beberapa waktu lalu direspon baik oleh BNPB yang Insya Allah besok (Kamis read) akan melakukan survei langsung ke Sinjai,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, BNPB akan menurunkan Tenaga Ahli pada Kedeputian Rehabilitasi dan Rekonstruksi yang dipimpin langsung oleh Brigjen TNI Jahidin Chilo beserta Staf Deputi Kedaruratan dan Logistik BNPB Pusat.

“Jadi besok tenaga ahli BNPB melakukan survei ke lokasi bencana seperti banjir di kota Sinjai, titik longsor di Bulupoddo dan sejumlah titik lainnya. Dari hasil survei ini akan diketahui penanganan atau upaya apa yang akan dilakukan selanjutnya. Tidak menutup kemungkinan kita juga akan diberikan bantuan,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati ASA menyambut baik rencana kedatangan BNPB dan menginstruksikan kepada BPBD Sinjai untuk memberikan data yang akurat terkait peristiwa bencana yang telah terjadi beberapa waktu lalu. (HMS)