oleh

BPBD Bekali KOKAM Sinjai Pelatihan Mitigasi dan Tanggap Bencana

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai, sangat mendukung upaya penguatan sukarelawan dalam penanggulangan bencana, apalagi melibatkan organisasi seperti Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM).

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sinjai Syamsul Ahmad, saat menjadi pemateri dalam Pelatihan Pendidikan Dasar (DIKSAR) KOKAM di Tribun Lapangan Sinjai Bersatu, Jumat (31/1/2020)

Menurut Sul sapaan akrabnya, upaya penguatan ini juga sebagai bentuk kolaborasi multi pihak baik pemerintah, organisasi, dan pihak-pihak swasta sehingga sukarelawan dapat diandalkan dalam penanggulangan bencana.

Baca Juga: Supir Dump Truk di Sinjai Tewas Tertindih Bak Truk, Sempat Teriak Minta Tolong

“Peran ini sangat penting dan nyata seperti dalam masa tanggap darurat serta percepatan dan semangat aksi penanggulangan dan pengurangan resiko bencana”, ujarnya.

Peran atau partisipasi relawan penanggulangan bencana dirasakan sangat berarti karena mereka menyumbangkan beragam sumber daya dalam upaya penanggulangan bencana, sebagai bukti nyata atas hidup sosial kemanusiaan serta kerjasama untuk mengurangi penderitaan sesama dan kehendak untuk mewujudkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Baca Juga: Sepak Terjang Dg Tiro ‘Sang Residivis’ Terhenti Saat Membobol Rujab Wakil Ketua DPRD Sinjai

“Harapan kedepan kegiatan ini tidak berhenti di sini saja, Tetapi akan tercipta kegiatan lainnya yang dapat menciptakan kerjasama semua pihak yang kuat untuk meningkatkan ketangguhan dalam penanggulangan bencana, membangun koordinasi dan kolaborasi serta membangun nilai berharga yang mengedepankan solusi yang tentunya saling menguntungkan kedua belah pihak”, jelasnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 28 orang relawan dari unsur mahasiswa pemuda Muhammadiyah. Adapun rangkaian kegiatan ini adalah Peningkatan Kapasitas Sukarelawan meliputi pemberian materi dan praktek latihan dasar. (**)

Editor/Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU