BPBD-Dinkes Sinjai Adakan Posbindu PTM, Umumnya Ditemukan Penyakit Kolesterol dan Darah Tinggi

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai melakukan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di Kantor BPBD Sinjai, Jumat (02/08/2019)

Posbindu PTM ini dilakukan sebagai upaya deteksi dini dari faktor resiko penyakit tidak menular yang terintegrasi, serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Plt Kepala BPBD Sinjai, Drs.Budiaman mengatakan, kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi peningkatan kesadaran para pekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sinjai khususnya di Kantor BPBD Sinjai.

Mengingat kegiatan kantor yang begitu padat dalam tugas-tugas sebagai anggota Tim Penanggulangan Bencana yang kadang lupa dan tidak sempat melakukan general check up di fasilitas kesehatan.

Baca Juga: Bupati dan Ketua DPRD Sinjai Hadiri Bimtek Tata Kelola Pemerintahan Desa di Makassar

“Dengan adanya program ini kami merasa sangat terbantu dalam mendeteksi segala bentuk kondisi kesehatan para Staff baik yang ASN maupun non ASN, Apalagi memang kami di BPBD tidak dipungkiri kadangkala kami lalai melakukan medical cek-up/pemeriksaan kesehatan baik secara pribadi apalagi keseluruhan di fasilitas pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Budiaman yang juga staf ahli Bupati Sinjai, ini berharap Posbindu PTM yang melibatkan SDM Nakes Puskesmas Balangnipa sebagai tempat wilayah kerjanya, agar dilakukan secara berkesinambungan.

Terpisah, Koordinator Posbindu PTM Puskesmas Balangnipa Hasdiana, mengatakan Posbindu ini merupakan satu strategi penting untuk mengendalikan trend penyakit tidak menular yang semakin mengkhawatirkan.

POSBINDU dikantor BPBD ini melibatkan 5 Orang tenaga kesehatan, 4 Nakes dari Puskesmas Balangnipa dan 1 Orang lagi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai.

“Dari 30 an orang yang memerikaskan diri, umumnya penyakit yang dominan dijumpai tim Posbindu adalah Kolesterol, disusul tekanan darah tinggi,” ujarnya. (*)

Editor/Andis