oleh

BPBD Sinjai ‘Cari Korban Hilang’ Hingga Ke Lepas Pantai Hubat Sinjai Timur. Ternyata!

KABARSINJAI.COM – Warga Dusun Jahung – Jahung Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur, berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri karena Air bah dari sungai terdekat meluap.

Akibat kejadian ini, harta benda warga hanyut terbawa arus, bahkan 4 warga dinyatakan hilang hingga merenggut 1 korban jiwa dalam peristiwa tersebut sehingga tim penyelam BPBD diterjunkan untuk melakukan pencarian kelepas pantai sekitar.

Sementara, korban luka berat sebanyak 4 orang dan luka ringan berjumlah 1 orang berhasil di evakuasi ke zona hijau atau Posko pengungsi yang telah disiapkan.

Demikian, kronologi simulasi bencana darat dan laut yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai yang dipusatkan di Pantai Hubat Sinjai Timur, Rabu (25/4/2018).

Kepala BPBD Kabupaten Sinjai, Drs. Junaedi Mustafa yang ditemui mengatakan simulasi ini sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan tim BPBD dalam menangani bencana.

Selain untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), kata Junaedi, simulasi ini juga dimaksudkan sebagai sosialisasi penanggulangan bencana ke masyarakat akan rekasi cepat BPBD dalam bertindak

” Simulasi ini sengaja kami lalukan sehari sebelum kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Seluruh Indonesia dalam rangka HKBN, tanggal 26 April besok. Kita juga ingin masyarakat tahu kalau terjadi bencana siapa yang harus dihubungi,” katanya.

Ket: TRC saat melakukan evakuasi ke Posko Pengungsi.

Menurut, Junaedi simulasi ini penting dilakukan untuk mengetahui kesiapan Tim Rekasi Cepat (TRC) BPBD dalam menanggulangi Bencana darat dan laut disekitar pemukiman warga pesisir.

” Kegiatan kita ini penting dan secara rutin kami lakukan setiap tahun untuk mengecek kesiapan personil dan alat penunjang lainnya dalam bertindak. Latihan perlu kami lakukan karena tanpa latihan, yakin saja realisasinya dilapangan akan amburadul,” tambah mantan Camat Sinjai Utara ini.

Simulasi bencana darat dan laut ini melibatkan sebanyak 119 personil yang tergabung dalam TRC BPBD. Kegiatan ini juga menggunakan 1 alat transportasi laut lengkap dengan perahu karet hingga tim penyelam.

Sebelumnya ditahun 2017, BPBD juga telah melakukan simulasi bencana darat dan sungai di Desa Bongki Lengkese Sinjai Timur. (A. Mirza)

Editor : Irawan.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU