oleh

BPJS Ketenagakerjaan Kembali Cairkan BLT Rp1 Juta, Di Sinjai Sekitar 2.000 Orang

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Peserta BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) di akhir tahun ini. Termasuk yang berada di Kabupaten Sinjai.

Hal itu diungkapkan Kepala BPJS Ketenagakerjan Cabang Sinjai, Gasali yang ditemui diruang kerjanya, Jumat (17/12/2021)

Gasali menjelaskan, setiap peserta yang terdaftar akan mendapatkan bantuan subsidi upah sebanyak Rp1 juta.

“Untuk bantuan subsidi upah pada tahun 2021 ini alhamdulillah kita sudah mendapat konfirmasi dari pusat, dimana khusus untuk pekerja di Kabupaten Sinjai yang akan mendapatkan bantuan subsidi sebanyak 1.923 orang,” ungkap Gasali.

Penyaluran BSU 2021 Tahap I dan tahap II ditransfer langsung kepada pekerja/buruh penerima BSU yang memang telah memiliki rekening eksisting di salah satu Bank Himbara yaitu Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI atau Bank BTN.

BACA JUGA: Melirik Program Bupati ASA di Sektor Kesehatan

Sedang penyaluran Tahap III dilakukan melalui skema pembukaan rekening kolektif bagi para pekerja penerima BSU yang belum memiliki rekening di salah satu Bank Himbara.

“Tahun ini kita diperintahkan untuk membuat rekening himbara tenaga kerja yang menerima subsidi upah, sehingga kami bekerjasama dengan BNI untuk embukaan rekening kolektif yang nantinya kalau sudah masuk dananya (cair) akan kami atur prosedur pencairannya,” katanya.

Gasali berharap, BSU bagi pekerja ini dapat segera dicairkan oleh pemerintah pusat, sehingga bisa bermanfaat untuk tenaga kerja di Kabupaten Sinjai dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Yang pastinya kita mendapat jatah 1.923 dengan anggaran Rp1 miliar lebih diakhir 2021 dan mudah-mudahan ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga lebih bagus lagi,” ujarnya.

BACA JUGA: Baru Terungkap, Pria Paruh Baya di Binjai Berulang Kali Cabuli Anak Dibawah Umur

Sebagai informasi, kriteria penerima BSU tahun 2021 seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 tahun 2021, antara lain bahwa pekerja calon penerima dana BSU adalah Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki upah di bawah Rp3,5 juta, berada di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4.

Kebijakan tersebut sesuai dengan Instruksi Mendagri no 22 dan 23 tahun 2021, serta bukan merupakan penerima Bantuan Sosial lainnya dari pemerintah seperti Kartu Pra Kerja, Program Keluarga Harapan, dan Bantuan Produktif Usaha Mikro. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU