oleh

Brilian, Sekolah di Sinjai Cetuskan Program Inovatif ‘Menabung Untuk Berbagi’, Begini Maksudnya!

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Sebuah sekolah di Kabupaten Sinjai, mencetuskan sebuah inovasi yang begitu brilian. Adalah sekolah dasar (SD) Negeri 37 Bua, Kecamatan Tellulimpoe.

Inovasi itu diberi nama ‘Menabung Untuk Berbagi’ dengan tujuan untuk membiasakan siswa hidup hemat, kreatif, mandiri serta peduli terhadap sesama, apalagi yang membutuhkan.

Alhasil, inovasi ini telah dirasakan manfaatnya bagi siswa kurang mampu yang membutuhkan perhatian di sekolah yang dipimpin Edy Syukri.

Untuk periode bulan November lalu, jumlah donasi yang berhasil dikumpulkan pihak sekolah sebesar Rp 746 ribu.

BACA JUGA: Waspada! Penyakit Rabies di Sinjai Ada yang Telan Korban

Hasil donasi yang terkumpul ini selanjutnya diserahkan kepada masing-masing siswa yatim piatu, masyarakat fakir miskin dan Pondok Pesantren Nurul Jibal Tellulimpoe.

“Yang kita berikan dari hasil inovasi kita ini berupa uang tunai kepada siswa kami yatim piatu, kemudian dalam bentuk sembako untuk masyarakat fakir miskin yang ada di sekitar sekolah dan Pondok Pesantren, ” ungkap Edy Syukri Kepala SD Negeri 37 Bua.

Edy Syukri menuturkan inovasi ini lahir dengan melihat dari kebiasaan siswa yang membawa uang jajan ke sekolah, disisi lain sebagian kecil juga ada siswa kurang mampu yang butuh perhatian.

“Dari situlah kami berfikir untuk membuat program dimana sebagian uang jajan siswa bisa ditabung di sekolah dan sebagiannya lagi atau 500 rupiah per hari juga disisihkan untuk masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Untuk kali pertamanya, buah manis dari inovasi ini diserahkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa.

Inovasi ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai A. Jefrianto Asapa saat melaunching program ini sekaligus menyerahkan secara simbolis bantuan dari program ini di Aula SDN 37 Bua, Senin (13/12/2021)

Komentar Facebook