oleh

Buka Peningkatan Kapasitas Aparat Terkait Pamsimas, Bupati ASA Berikan Support

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Puluhan aparat desa dan kecamatan mengikuti peningkatan kapasitas terkait program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2021. Rabu, (18/08/2021)

Berlangsung di Aula Hotel Sanjaya Kecamatan Sinjai Utara, kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) didampingi Kadis PUPR A. Taufiq Saleh Asapa bersama Kadis PMD Hj. Andi Hariyani Rasyid.

Pada kesempatan ini, Bupati ASA menyambut baik giat tersebut lantaran peningkatan kapasitas aparat desa dan kecamatan dalam program Pamsimas diyakini akan melahirkan kolaborasi terhadap pencapaian akses air minum dan sanitasi di Kabupaten Sinjai.

Apalagi saat ini kata Bupati ASA, masih terdapat desa yang belum melaksanakan program Pamsimas atau baru sekitar 62 desa dari 67 desa yang tersentuh program silang dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta pemerintah desa ini.

BACA JUGA: Partai Gerindra Berhentikan Lukman H. Arsal Jadi Ketua DPRD Sinjai, Sekwan: Nanti Akan Diparipurnakan

“Kami dari pemerintah daerah selalu mensupport penuh, karena kalau masyarakat sudah punya air bersih otomatis derajat kesehatan juga akan ikut meningkat,” kata Bupati ASA saat membuka kegiatan tersebut.

Olehnya itu, Bupati ASA berharap agar aparat desa dan kecamatan mempu memanfaatkan momen ini, sebab mereka mempunyai peranan penting dalam proses upaya peningkatan kemampuan dalam melakukan kegiatan integrasi berbagai model/jenis perencanaan yang ada di desa.

“Saya berharap program ini bisa dirasakan masyarakat. Tidak ada lagi masyarakat kekurangan air bersih yang merupakan kebutuhan dasar,” harapnya.

BACA JUGA: Hadiah Diserahkan Kajari Sinjai, Inilah Pemenang Lomba Video Pendek HUT RI Ke-76

Terpisah, Koordinator Program Pamsimas III Kabupaten Sinjai, Islamiah menyampaikan, peningkatan kapasitas bagi aparat desa dan kecamatan program Pamsimas akan berlangsung hingga 21 Agustus mendatang.

Kegiatan ini melibatkan puluhan aparat desa serta perwakilan kecamatan dengan tujuan untuk menyamakan pemahaman aparat terhadap Juknis Kerja Sama Desa untuk Kegiatan Air Minum dan Sanitasi.

Selain itu, membangun komitmen agar bersedia untuk melanjutkan program air minum dan sanitasi di desanya, salah satunya melalui program Pamsimas serta tersusunnya rencana kerja tindak lanjut pemerintah desa dan kecamatan dalam mewujudkan kerjasama desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi.

BACA JUGA: Intens Galakkan Literasi, Dispusip Sinjai Libatkan Pegiat Literasi

“Jadi diharapkan melalui kegiatan kita ini dapat meningkatkan pemahaman pengetahuan serta adanya kesamaan pandang terkait akses air minum dan sanitasi yang membutuhkan kolaborasi pendanaan, sehingga dokumen-dokumen pendukung harus diintegrasikan satu sama lainnya,” ungkapnya. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU