Bukti Laporan Bupati ASA ke KPK, Soal Dugaan Gratifikasi Mantan Direktur PDAM Sinjai

KABARSINJAI.COM, Sinjai, –┬áLaporan dugaan gratifikasi yang dilakukan mantan Direktur PDAM Sinjai, Suratman kepada Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang diungkapkan Inspektur inspektorat dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, betul adanya.

Bukti laporan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang dugaan pemberian tidak jelas itu didapatkan tim Kabarsinjai.com dari sumber yang terpercaya.

Dimana dalam surat laporan tersebut kronologi terungkap bahwa Suratman menitipkan uang 20 juta tersebut melalui ajudan Bupati berinisial AL namun Bupati (ASA red) memerintahkan ajudan untuk melaporkan ke KPK sebagai pemberian yang tidak jelas atau terindikasi gratifikasi.

Inspektur Inspektorat kabupaten Sinjai, Andi Adeha Syamsuri, yang di konfirmasi kembali membenarkan adanya laporan Bupati Sinjai ke KPK terkait penerimaan gratifikasi oleh Suratman dan kini kasus tersebut menjadi kewenangan KPK dalam proses selanjutnya.

BACA JUGA: Kisruh Keabsahan SK Mantan Direktur PDAM, Ketua DPRD Sinjai: Buktikan di PTUN

“Dalam beberapa kesempatan termasuk di RDP di DPRD kami dari inspektorat Sinjai menyampaikan bahwa terkait dugaan gratifikasi yang dilaporkan oleh Bupati Sinjai melalui inspektorat Sinjai ke KPK benar adanya dan proses selanjutnya ada di KPK,” ungkap, Andi Adeha, Selasa (1/6/2021)

Bukti laporan dugaan gratifikasi mantan direktur PDAM Sinjai kepada Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA). (foto layar Hp)

Kendati itu sudah menjadi ranah KPK, sehingga kata Adeha, pihaknya tidak memiliki wewenang untuk memperlihatkan bukti laporan itu saat RDP kemarin di Kantor DPRD Sinjai.

BACA JUGA: Kronologi Lengkap Tabrak Lari di Sinjai yang Meregang 3 Nyawa

“Pelapor gratifikasi berhak mendapatkan perlindungan dari berbagai bentuk akibat laporan yang disampaikan, olehnya itu kami tidak bisa memperlihatkan bukti laporan itu demi menjaga identitas materi laporan pelapor,” kuncinya. (Tim/Redaksi)