oleh

Buntut Kekecewaan, Ratusan Siswa SMA Negeri 5 Sinjai Unras Minta Kasek Mundur

KABARSINJAI.COM, SINJAI, – Unjuk rasa (Unras) besar-besaran dilakukan ratusan siswa SMA Negeri 5 Sinjai, di Jalan H. A. Latief Sinjai, Senin (22/10/48).

Aksi Unras ini merupakan buntut kekecewaan siswa terhadap kepemimpinan kepala sekolah yang dianggap tidak transparan dalam pengelolaan dana (Bantuan Operasional Sekolah (BOS), khususnya anggaran kegiatan ekstrakurikuler (Eskul).

Informasi yang berhasil dihimpun, unras ini juga dipicu lantaran anggaran kegiatan ekskul tidak dicairkan sehingga hal ini dinilai tidak berpihak kepada siswa yang berprestasi. Bahkan dalam unras ini siswa kompak demo menuntut kepala sekolah Drs Aliyuddin mundur dari jabatannya.

Baca Juga:
Bupati Sinjai Dan A. Rudiyanto Asapa Hadiri Resepsi Pernikahan Anak Ketua DPC Gerindra Barru
Sukses Raih Predikat Stand Terbaik, Kopi Manipi Sinjai Bakal Meriahkan Pameran Internasional di Jeddah

“Mintanya berprestasi tapi tidak didukung anggaran mana bisa. Minta dana untuk kegiatan pertandingan futsal dan lainnya selalu tidak boleh,” keluh salah seorang siswa.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 5 Sinjai Drs. Aliyuddin saat dikonfirmasi terkait hal ini menjelaskan, berdasarkan aturan baru Permendikbud nomor 1 tahun 2018 penggunaan dana BOS tidak boleh lagi digunakan untuk pembinaan diluar sekolah termasuk lomba atau pertandingan yang diikuti siswa.

“Saya tidak ingin melanggar dari juknis yang ada sebab akan berdampak hukum, jadi saya rela dicopot dari Kepala Sekolah daripada melanggar juknis yang ada,” tegasnya.

Aksi ini dikawal ketat aparat keamanan dari Polres Sinjai dan Satuan Polisi Pamong Praja serta turut hadir dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Sinjai yang ikut menenangkan para siswa. (*)

Editor/Riswan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU