oleh

Bupati Andi Seto Serahkan Sertifikat Hak Merek Kepada Empat UKM

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, menyerahkan Sertifikat hak atas kekayaan intelektual (HKI) berupa hak merek kepada empat UKM.

Penyerahan Sertifikat HKI tersebut berlangsung pada peresmian kegiatan kesempatan kerja padat karya tahun 2019 di Pasar Bo’di Desa Massaile, Kecamatan Tellulimpoe, Kamis (16/1/2020)

Ke empat UKM yang berhak atas HKI tersebut diantaranya, usaha es cream atas nama Ilham, daur ulang pelepah pisang atas nama rufiatih, Gula merah aren atas nama Ahmad, dan usaha kerupuk bawang atas nama Jumarni.

Baca Juga: Drainase Program Padat Karya di Pasar Bo’di Massaile Diresmikan Bupati Andi Seto

Dengan sertifikat HKI tersebut, menurut Andi Seto, akan menjadi bukti atas hak untuk mempergunakan nama merek dari prodaknya masing-masing, sehingga kedepan tidak ada lagi keraguan dari merek produk yang dijual nanti.

Langkah dari empat pelaku UKM yang telah menerima sertifikat HKI pun mendapat apresiasi dari Andi Seto. Orang nomor satu di Bumi Panrita Kitta, ini berharap keempatnya bisa menjadi contoh bagi pelaku UKM lainnya di Sinjai.

Baca Juga: Bupati Lantik Kasek di Sinjai Dari Hasil Seleksi dan Mutasi, Ini Rinciannya

Alasannya karena dengan sertifikat HKI peluang pemasaran akan terbuka lebar, sehingga produk usaha bisa dijual kemana saja tanpa khawatir, termasuk keluar negeri (Internasional).

Selain peluang, penyerapan tenaga kerja melalui UKM yang telah memiliki sertifikat HKI juga akan membantu Pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh bagi UKM di Sinjai, secara khusus kalau mau berusaha dan sudah ada nama maka bikinkan hak mereknya dulu”, pungkasnya.

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama Kasek dan Auditor yang Dilantik Andi Seto

Sementara itu, Kadiskopnaker Sinjai, H Firdaus menuturkan, sertifikat HKI merupakan langkah maju untuk mendorong kemandirian dan daya saing UKM yang ada di Sinjai, dimana produk yang dihasilkan memiliki nilai pembeda dari produk sejenis yang dihasilkan.

“Pemberian sertifikat HKI merupakan hak eksklusif yang diberikan kepada negara kepada pemiliki merek yang terdaftar dalam daftar umum merek untuk jangka waktu tertentu, makanya produk yang dihasilkan sudah nama paten sebelum dipasarkan”, tandasnya. (Adv)

Editor/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU