oleh

Bupati ASA Komitmen Dongkrak Taraf Hidup Petani

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Komitmen pemerintah (Pemkab Sinjai) Kabupaten Sinjai untuk mesejahterakan masyarakat, khususnya petani di Bumi Panrita Kitta terus dilakukan. Salah satunya, dengan memberi bantuan alat mesin pertanian (Alsintan).

Bantuan Rice Milling Unit (RMU) atau penggiling padi misalnya, yang baru saja di resmikan oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di Kelurahan Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Jumat (23/10/2020)

Bantuan RMU ini dibawah pengelolaan kelompok tani Bandae Kelurahan Sangiasseri.

Selain meresmikan RMU, Bupati ASA juga menyerahkan bantuan hand traktor roda dua sebanyak 5 unit kepada 5 kelompok tani yang ada di Kecamatan Sinjai Selatan seperti Kelompok tani Buhung Sumpang Desa Alenangka, Bola Loppo Desa Palae, Pemuda Sehati Kelurahan Sangiasseri, Padang Loang Kelurahan Sangiasseri serta Kelompok Tani Tongkang Desa Bulu Kamase.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sinjai, Hj Marwatiah mengemukakan, RMU ini untuk mendukung peningkatan produktifitas dan kualitas hasil pengolahan tanaman pangan yang merupakan komitmen Pemkab dalam kesejahteraan petani.

BACA JUGA: Selamat! Ketua MPC Pemuda Pancasila Sinjai ‘Kak Nas’ Jabat Direktur PDAM

“RMU dengan kapasitas 1,5 ton per jam ini untuk mendukung peningkatan kualitas mutu beras dan memperluas pasar serta pendapatan dan kesejahteraan petani di Sinjai Selatan”, tandasnya.

Bupati ASA (kemeja hitam) melihat hasil penggilingan padi (RMU) usai diresmikan, Jumat 23 Oktober 2020. (Foto Dadang)

Menurut Marwatiah, RMU dengan kapasitas yang sama di Kabupaten Sinjai sudah sebanyak 3 unit. 2 diantaranya di Kecamatan Sinjai Timur.

Sementara itu, Bupati ASA mengaku bersyukur salah satu visi misi Pemkab Sinjai dalam mensejahterakan petani di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah Kabupaten Sinjai kembali dapat direalisasikan tahun ini.

Melalui bantuan ini, kata Bupati ASA membantu para petani dan masyarakat Sinjai Selatan dalam mengolah padi atau gabah menjadi beras untuk di Komsumsi. Sekaligus mendongkrak pendapatan usaha kelompok tani pengelola.

BACA JUGA: Giliran Penghargaan ProKlim Diterima Pemkab Sinjai

“Intinya harapan kita dengan adanya RMU ini, taraf hidup masyarakat petani yang ada di Sinjai Selatan atau di sekitarnya meningkat dan tidak jauh-jauh lagi membawa gabahnya untuk di giling”, pungkas ASA usai meresmikan MRU tersebut.

ASA menitip pesan agar bantuan RMU tersebut dapat dijaga dan dirawat dengan baik sehingga pemanfaatannya panjang pasca panen raya. (Ac)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU