oleh

Bupati ASA Optimis SIMPADA Tingkatkan Pendapatan Daerah, Begini Instruksinya untuk OPD

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola pajak dan retribusi daerah diharapkan meningkat kinerja pengelolaannya agar semakin memperoleh kepercayaan dari masyarakat atau wajib pajak.

Demikian diungkapkan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa usai melaunching aplikasi Sistem Manajemen Informasi Pajak dan Retribusi Daerah (SIMPADA) di ruang pola kantor Bupati Sinjai, Rabu (15/12/2021)

Menurut Bupati ASA, hal ini penting untuk ditindaklanjuti sebab upaya optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) hanya dapat diwujudkan jika pengelolaan semakin baik, transparan dan akuntabel serta memperoleh kepercayaan dari masyarakat selaku subyek pajak dan retribusi daerah.

“Saya minta kepada OPD terkait agar ditindaklanjuti dengan upaya sosialisasi dan edukasi kepada aparat pengelola dan terutama kepada masyarakat sehingga manfaat yang ditebarkan oleh aplikasi ini dapat semakin luas, masyarakat dapat teredukasi untuk dapat menggunakan aplikasi online ini untuk melakukan pendaftaran objek dan pembayaran pajak daerahnya,” pungkasnya.

BACA JUGA: Narkotika Dominasi Kasus di Kejari Sinjai, Segini Jumlahnya

Dengan kolaborasi Pemkab dan Bank Sulselbar melalui aplikasi SIMPADA juga diharapkan semakin memudahkan perhitungan potensi penerimaan pendapatan pajak dan retribusi, berdasarkan database yang tersimpan nantinya, karena sistem ini tentu akan dapat dipergunakan sebagai sumber untuk menghitung ketetapan pajak dan retribusi dengan lebih akurat, yang bermuara pada meningkatnya pendapatan daerah kedepan.

“Aplikasi ini harus dimaksimalkan karena kalau tahun depan kita targetkan pendapatan daerah Rp100 Miliar lebih, dengan menerapkan sistem ini saya yakin pendapatan kita bisa meningkatkan sampai Rp110 miliar lah,” jelasnya Bupati ASA yang juga ketua Tim perluasan percepatan digitalisasi daerah (TP2DD) Sinjai.

Launching aplikasi SIMPADA sendiri dirangkaikan dengan pemberian penghargaan melalui Pajak Daerah Award 2021 oleh Bupati ASA kepada Pemerintah kecamatan, Kelurahan/Desa, wajib pajak, mitra pengelola wajib pajak serta perangkat daerah pengelola retribusi terbaik.

BACA JUGA: Dilaunching, Bupati ASA Harap Aplikasi SIMPADA Cegah Kebocoran Pendapatan Daerah

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin, Direktur Operasional dan TI Bank Sulselbar, Irmayanti Sulthan dan Kepala Bank Sulselbar Cabang Sinjai, Muh Anas.

Selain itu turut hadir para ketua Komisi DPRD Sinjai, Forkopimda, para Kepala OPD, Camat serta Kepala Desa dan sejumlah wajib pajak. (Ay)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU