Bupati ASA Perbaiki 89 Sekolah Tahun Ini, Termasuk Rumah Dinas Guru di Pulau Sembilan

KABARSINJAI – Upaya Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sinjai terus dilakukan. Salah satu upayanya adalah dengan memperbaiki sarana dan prasarana satuan pendidikan yang ada.

Untuk tahun ini sebanyak 89 sekolah yang kembali tersentuh perbaikan dan tersebar di sembilan kecamatan.

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib menjelaskan, penganggaran bidang pendidikan difokuskan untuk memperbaiki ruang kelas yang sudah rusak berat dan sedang. Hal tersebut dilakukan agar siswa memiliki rasa aman dan nyaman saat belajar.

Begitu pula dengan sarpras lainnya, seperti toilet siswa yang masih kurang sehingga pemerintah memberikan bantuan pembangunan toilet.

BACA JUGA: Usai Kalah dari Persebaya, Bernardo Tavares Evaluasi Ketajaman Pemain PSM Makassar

“Pemerintah juga kucur anggaran pembangunan laboratorium, ruang UKS, dan pagar dengan harapan siswa merasa nyaman saat berada di sekolah,” urainya, Minggu, (20/8/2023).

Bahkan tahun ini Pemkab Sinjai menggelontorkan anggaran untuk merehabilitasi rumah dinas guru yang ada di Pulau Sembilan. Antara lain, SDN 22 Kanalo, SDN 16 Liang-liang, SDN 20 Kodengare, dan SDN 126 Kambuno.

“Khusus untuk guru yang mengajar di Pulau Sembilan kita perbaiki perumahannya supaya bisa menetap di pulau dengan menggunakan fasilitas yang baik,” ungkapnya.

Diketahui, pembangunan atau perbaikan sarpras sekolah tersebut terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari pembangunan ruang guru, pembangunan laboratorium komputer, pembangunan atau rehabilitasi toilet, dan pembangunan ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

Kemudian, pembangunan rehabilitasi sedang dan berat ruang kelas, penambahan ruang kelas, rehabilitasi ruang perpustakaan, pembangunan pagar, hingga rehabilitasi rumah dinas guru di empat sekolah yang ada di Pulau Sembilan.

Anggaran yang digunakan dalam pembangunan ini mencapai puluhan miliar. Bersumber dari Dana Alokasi Khusus, Dana Alokasi Umum.

“Tahun ini Kementerian PUPR melalui balai memperbaiki sarana dan prasarana 6 sekolah yang anggarannya sekitar Rp10 miliar,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemkab Sinjai Ikutkan 9 Inovasi di Kompetisi IGA 2023

Oleh karena itu, Irwan berharap, perbaikan fasilitas pendidikan ini dapat menjadi penunjang dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten berjuluk Bumi Panrita Kitta’. Sebab beriringan dengan program seragam sekolah gratis kepada siswa baru dan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

“Pemberian seragam gratis, beasiswa dan pembangunan fasilitas sekolah merupakan wujud komitmen Bapak Bupati dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sinjai,” kuncinya. (*)