oleh

Bupati ASA Sambut Baik Festival Gau Pakkaja, Ingat Jaga Prokes

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Todilaling yang beralamat di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara ini mendapat program fasilitasi bidang kebudayaan (FBK) kategori pendayaagunaan ruang publik.

Program yang digagas oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kemendikbud RI ini memilih PKBM Todilaling sebagai salah satu dari 81 lembaga yang dinyatakan lolos untuk menyelenggarakan program tersebut.

Di PKBM Todilaling sendiri, rencananya bakal menghelat festival budaya maritim ‘Gau Pakkaja’ yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2021 mendatang.

Hal itulah menjadi alasan sejumlah pengurus dan panitia pelaksana Festival Gau Pakkaja menemui Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati. Rabu sore, (13/10/2021)

BACA JUGA: Jempol Kinerja Pemkab, Kajari Sinjai: Meraih 5 Kali Opini WTP Tidak Mudah

“Kita audiens dengan bapak Bupati untuk menyampaikan progres pelaksanaan rencana kegiatan Festival Gau Pakkaja ini sekaligus meminta arahan dari beliau,” ungkap Ketua PKBM Todilaling, Hj. Ernawati Madi.

Rencana perhelatan festival budaya ini disambut baik oleh Bupati ASA. Ia mengapresiasi capaian PKBM Todilaling yang mendapat amanah untuk menyelenggarakan event budaya tersebut dari Kemendikbud.

“Kami dari pemerintah daerah sangat mendukung rencana kegiatan festival ini. Apalagi event ini langsung diprogramkan oleh Kementerian,” katanya.

ASA berpesan, segala persiapan yang dilakukan dapat maksimal demi suksesnya festival budaya Gau Pakkaja tersebut dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Usai Dikukuhkan, Bupati ASA Minta Dua Saka Pramuka di Sinjai Progresif

“Mudah-mudahan bisa dipersiapkan dengan matang agar nantinya pelaksanaannya bisa berjalan lancar, dan tetap mematuhi protokol kesehatan karena kita masih dalam suasana pandemi Covid-19,” harapnya.

Melalui festival budaya ini juga diharapkan Bupati ASA agar dapat menjadi semangat bagi para pelaku budaya yang selama ini vakum akibat pandemi Covid-19.

“Melalui event ini kita bisa mengangkat kebudayaan yang ada di Sinjai sehingga masyarakat khususnya para generasi milenial dapat mengetahui kebudayaan lokal serta juga menjadi ajang promosi untuk mendatangkan wisatawan,” kuncinya.

Sekedar diketahui, Gau Pakkaja merupakan kegiatan kebudayaan masyarakat Lappa yang diselenggarakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada yang maha kuasa terhadap rezeki yang diberikan melalui hasil laut. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU