Bupati ASA Serahkan Bantuan Perikanan serta Program Ketahanan Pangan Desa Tongke-tongke

KABARSINJAI – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) kembali menyerahkan bantuan untuk sektor kelautan dan perikanan kepada beberapa kelompok yang ada di Kecamatan Sinjai Timur.

Bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) Perikanan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai Tahun 2023, ini diserahkan di Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kamis, (24/8/2023)

Kepala Dinas Perikanan Sinjai, Syamsul Alam menuturkan bahwa, bantuan sarana dan prasarana perikanan yang diserahkan khususnya dari Pemda Sinjai bersumber dari Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK).

Bantuan Sarpras budidaya air payau dan budidaya nila salin diserahkan untuk dua kelompok yakni, Pokdakan Samaturue untuk budidaya ikan nila salin berupa benih, pupuk dan lainnya senilai Rp100 juta. Kemudian kelompok perikanan Alameng berupa paket sarana dan prasarana budidaya ikan bandeng senilai Rp80 juta.

BACA JUGA: Tekuk Yangon United 4 Gol Tanpa Balas, PSM Makassar Lolos ke Penyisihan Piala AFC

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengharapkan dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan hasil perikanan dan kelautan khususnya bagi kelompok-kelompok nelayan yang ada di Kabupaten Sinjai.

Orang nomor satu di Pemerintahan Sinjai itu juga menyampaikan rasa syukur karena beberapa tahun terakhir dana bantuan khususnya Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Sinjai meningkat setiap tahunnya.

“Tahun ini hampir 6 miliar. Ini patut kita apresiasi khusus Dinas terkait dan ini juga merupakan hasil kerjasama dari kelompok-kelompok baik itu budidaya maupun tangkap karena dalam mendapatkan bantuan itu kerjasama dengan Dinas dalam hal memberikan data dukung sangat dibutuhkan. Kami dari pemerintah berharap bantuan-bantuan yang telah diserahkan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Selain bantuan dari Pemkab Sinjai, Bupati ASA turut menyerahkan bantuan untuk kelompok budidaya rumput laut (Pokdakan) program ketahanan pangan dana desa Tahun 2023 Desa Tongke-tongke.

Kepala Desa Tongke-tongke, Sirajuddin mengatakan bahwa, sejak bulan 7 (Juli) lalu, Pemerintah Desa Tongke-Tongke telah menyalurkan bantuan bibit rumput laut melalui anggaran ketahanan pangan. Total anggaran pada program ini sebesar Rp870 juta.

“Alhamdulillah kami sudah 4 kali menyerahkan bantuan dengan hari ini. Kami sudah salurkan kepada 9 kelompok, tapi dalam satu kelompok kami tidak berikan semua karena rata-rata dari kelompok ini ada yang pemula jadi yang belum ada talinya untuk sementara saya pending dulu,” ujarnya.

BACA JUGA: Bupati ASA Buka Liga Sinjai, 23 Klub Bersaing Jadi yang Terbaik

Dengan adanya bantuan ini, selaku Kepala Desa, Sirajuddin bersama masyarakat mengaku bersyukur, meski masih ada hama yang harus dihadapi. Tetapi kata dia, masyarakat setempat tetap berusaha dan berupaya agar bagaimana bisa menghasilkan sesuai dengan harapan mereka.

Penyerahan bantuan ini disaksikan oleh Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf Sumardi, Kadis PMD Yuhadi Samad, Plt Camat Sinjai Timur Akbar serta beberapa masyarakat setempat. (Bc)